Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Februari 2017 | 21:20 WIB
Hide Ads

Pencapaian Tim Nusantara Sehat Selama 2016

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 11 Januari 2017 | 15:50 WIB
Pencapaian Tim Nusantara Sehat Selama 2016
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Program Nusantara Sehat (NS) menempatkan sekitar 1.421 tenaga kesehatan di 251 Puskesmas di seluruh penjuru Indonesia.

Pada tahun 2016, sebanyak 630 tenaga kesehatan ditempatkan di 70 Puskesmas pada Mei 2016, dan 540 tenaga kesehatan ditempatkan di 60 puskesmas lainnya pada Oktober 2016. Tim ini bertuga di masing - masing Puskesmas selama dua tahun.

Para Tim Nusantara Sehat selain memperkuat layanan kesehatan primer di Puskesmas, melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DPTK (Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan) dan DBK (Daerah Bermasalah Kesehatan), program Nusantara Sehat ini juga bertujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan. Kemudian, menggerakkan pemberdayaan masyarakat, dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terpadu, serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan.

"Temuan menarik lainnya adalah bahwa selama dua tahun pertama, tim Nusantara Sehat berhasil mengidentifikasi permasalah kesehatan di masing - masing daerah. Kemduian, mereka juga melakukan penguatan tenaga kesehatan di Puskesmas setempat, sehingga dapat penanganan sesuai kebutuhan masyarakat," kata drg. Usman Sumantri, M.Sc saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (11/01/2017).

Sejak diluncurkan Kementerian Kesehatan pada tahun 2015, program Nusantara Sehat ini memperlihatkan dampak positif. Ada beberapa inovasi - inovasi atau solusi dari beberapa masalah yang terdapat di daerah.

"Misalnya, pembinaan pengolahan limbah medis, manajemen pelayanan kesehatan yang lebih terstruktur, dan pelatihan medis bagi sebagian besar kader posyandu yang dilakukan di beberapa Puskesmas di Kalimantan Barat, Maluku Barat Daya, Maluku Utara, dan Papua," tambah drg. Usman.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x