Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:11 WIB

Mencegah Sakit Lambung Secara Alamiah

Oleh : Suyadi | Kamis, 29 Desember 2016 | 13:17 WIB
Mencegah Sakit Lambung Secara Alamiah
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

PENYAKIT lambung terkadang menimbulkan rasa nyeri berjam-jam, berhari-hari bahkan bermingu-minggu. Pada kasus yang menimbulkan masalah yang lebih berat penyakit lambung bersifat menahun, dan serangan sakitnya hilang timbul. Rasa sakitnya seperti ada yang menggigit gigit di daerah lambung dan menjalar ke punggung.

Penyakit lambung dapat diakibatkan oleh adanya tukak di selaput lendir lambung, minuman keras, obat-obatan tertentu, minuman asam, makanan terlalu pedas, peradangan lambung, peradangan usus 12 jari, batu pada saluran empedu, dan lain-lain.

Keluhan yang sering dirasa oleh penderita sakit lambung, umumnya berupa perut kembung, sering sendawa, sakit pada daerah bagian atas perut, sakit pada daerah tulang dada, rasa nyeri yang bertambah bila makan nasi, mual, tidak napsu makan dan timbul perasaan takut serta sedih.

Untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit sebaiknya penderita minum obat penetral asam. Hindari minum susu (sebab susu dapat meningkatkan asam lambung) minum obat penghilang rasa sakit, kurangi pengkonsumsian makanan berlemak, hindari makanan dan minuman yang asam-asam.

Gastritis adalah peradangan pada lambung. Kadang kala gastritis dapat juga menyebabkan tukak lambung. Tetapi sebenarnya gastritis ialah karena lambung yang teriritasi. Gastritis dapat disebabkan oleh minuman keras, obat-obatan, makanan yang pedas, serta minuman yang terlalu asam, makan yang terlalu kenyang, dan lainnya.

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi baik bagi pencernaan dan kesehatan tubuh. Untuk mencegah dan mengatasi gangguan lambung dianjurkan sering mengkonsumsi kancang-kacangan, jahe, pisang dan ubi jalar, jagung, kacang merah dan roti.

Makanan yang harus dikonsumsi bila kadar asam lambungtinggi, jagung, kacang merah dan roti namun demikian jangan mengkonsumsinya terlalu banyak.

Bahan-bahan yang bermanfaat sebagai obat sakit lambung, seperti batang kaktus, temu lawak, temu hitam, bunga ros atau bunga mawar kering, jahe, lobak, labu parang dan ubi jalar.

Untuk mengatasi/menyembuhkan asam lambung karena tukak lambung sediakan, 150 gram tulang cumi digiling halus, kacang tanah kering secukupnya digiling halus, semua bahan dicampur rata dan diseduh dengan air mendidih, lalu diminum. Lakukan secara teratur.

Namun demikian, apabila Anda sudah mencoba upaya tersebut tetapi belum membuahkan hasil yang menyenangkan, bisa mencoba fisioterapi. Yaitu menginnervasi ganglion pada pusat syaraf, terutama saluran pencernaan, serta organ-organ dalaman perut. Dan untuk yang ini Anda bisa datang ke ahli pijat atau seorang massieur. [*]

 
Embed Widget

x