Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:11 WIB

Kunyit Putih Baik untuk Kesehatan Kewanitaan

Oleh : Suyadi | Jumat, 9 Desember 2016 | 16:42 WIB
Kunyit Putih Baik untuk Kesehatan Kewanitaan
(Foto: istimewa)
facebook twitter

KUNYIT putih berbeda dengan kebanyakan kunyit. Kunyit putih rimpangnya bulat seperti buah jamblang, dalamnya berwarna putih transparan, baunya segar seperti mangga muda dan rasanya sedikit pait, pedas dan berserat.

Rimpang kunyit putih mengandung minyak atsiri dengan rendeman. Warna minyak atsiri tersebut kuning muda. Di dalam minyak atsiri kunyit putih terdapat senyawa bahan obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit.

Selain itu , minyak atsiri juga bisa menghambat, menghentikan pertumbuhan sel kanker, mengatasi gangguan perut dan diare. Namun ada sebagaian pendapat bahwa kunyit putih tidak mengandung zat yang bersifat antikanker. Tetapi lebih bersifat mengendalikan kanker secara tidak langsung, yakni sebagai anti inflamasi atau mengatasi pembengkakan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain meningkatkan kesehatan, kunyit putih juga sangat ampuh untuk penyembuhan masalah gangguan kewanitaan, misalnya: haid yang tidak teratur, haid tidak lancar, lambat bulan, sakit nyeri pada saat haid, pendarahan, banyak mengeluarkan lendir, keputihan, vagina kering, dan vagina berbau.

Kunyit putih juga dapat melancarkan darah, menetralisir kadar gula dalam darah, menguatkan otot dasar panggul, melancarkan aliran darah pada serabut-serabut saraf dinding liang senggama, mengencangkan otot-otot vagina dan mempersempit liang senggama. Serta membuat gaerah seks lebih tahan lama.

Ramuan kunyit putih bisa dibuat sendiri dan mudah. Caranya: rimpang kunyit putih diiris tipis-tipis, lalu dijemur sampai kering. Sesudah kering ambil segengamn tangan, tambahkan 2 sendok makan bubuk sambiloto, direbus dengan 6 gelas air selama 15 menit. Kemudian air rebusan tersebut disaring, dan setelah dingin diminum pagi, siang dan sore sesudah makan. Lakukan secara teratur.

Ramuan kunyit putih juga sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk dan kapsul. Namun hasilnya lebih baik yang diramu sendiri karena alami.

Tags

 
Embed Widget

x