Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 14:10 WIB

Teh Hijau Sangat Baik Bagi Kesehatan

Oleh : Suyadi | Senin, 14 November 2016 | 16:11 WIB
Teh Hijau Sangat Baik Bagi Kesehatan
(Foto: istimewa)
facebook twitter

BIASANYA pagi-pagi atau sore hari ketika terasa lelah setelah bekerja orang meminum teh supaya badan kembali merasa segar. Ini sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat. Namun sangat sedikit yang berfikir minum teh tersebut bisa membuat badan menjadi segar kembali.

Tanaman teh biasanya hidup di daerah dingin atau pegunungan. Daun yang dipanen adalah daun yang masih muda, yang terletak di ujung ranting. Jika diseduh teh hijau berwarna kuning kehijauan.

Warna hijau ini disebabkan oleh zat hijau daun yang tidak rusak ketika diolah. Umumnya proses oksidasi teh dilakukan secara penuh atau pengolahannya dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Sementara itu, proses oksidasi teh hijau tidak dijemur secara penuh. Sehingga kandungan kadar tannin atau volyfenolnya lebih baik dibanding teh yang biasa kita minum. Karena itu teh hijau menjadi lebih ampuh menyembuhkan penyakit dibanding teh yang biasa diminum.

Kandungan bahan obat justru terdapat di dalam tannin. Oleh sebab itu, teh hijau lebih ampuh menyembuhkan berbagai penyakit dibanding dengan teh biasa. Meskipun teh hijau mengandung tannin relatif tinggi jenis taninnya berbeda dengan tannin lainnya, sehingga tidak membayakan fungsi ginjal.

Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bagi mereka yang sering mengkonsumsi teh hijau jarang terserang kanker lambung. Hal ini diduga berkat keampuhan zat aefyga locatecingalak di dalam zat tannin.

Selain itu, zat ini dapat mengontrol kadar kolestrol dalam darah, menormalkan tekanan darah tinggi dan menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Karena itu teh hijau selain sebagai obat, juga sangat cocok untuk diet secara herbal.

Selain zat tannin bahan aktif lain yang terdapat dalam teh hijau adalah teocilin dan teopromin. Kedua bahan aktif tersebut selain berfungsi sebagai diuretic atau memperlancar buang air kecil. Juga berfungsi sebagai vasodilator atau memperlebar pembuluh darah, sehingga peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar.

Kandungan kafein di dalam teh hijau mampu membuat badan segar dan merangsang sistim saraf pusat sehingga badan menjadi semangat kembali.

Teh hijau sudah banyak dijual dalam kemasan sehingga tinggal menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya setiap saat. Sebaiknya teh hijau diminum tiga kali sehari.

Teh hijau juga bisa dibuat sendiri. Caranya, 20 gram daun teh muda yang masih segar direbus dengan tiga gelas selama 15 menit, setelah dingin disaring dan diminum. Cara yang ini hasilnya akan lebih baik dibanding yang kemasan sebab masih alami. [*]

 
Embed Widget

x