Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 14:09 WIB

Asam Lambung, Konsumsilah Jahe, Ubi Jalar, Pisang

Oleh : Suyadi | Kamis, 3 November 2016 | 20:29 WIB
Asam Lambung, Konsumsilah Jahe, Ubi Jalar, Pisang
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BEBERAPA faktor bisa memicu meningkatnya asam lambung, seperti mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Juga kopi, jus buah yang terlalu asam, minuman yang bersoda dan makan yang terlalu kenyang atau makan berlebihan.

Bahan makanan yang dapat membuat perut terasa panas, karena meningkatnya asam lambung di antaranya bawang bombai, bawang putih, jus jeruk, coklat, tomat, alkohol, daun mentol, makanan yang berlemak, dan lain-lain.

Makanan yang harus dikonsumsi bila kadar asam lambung tinggi antara lain jagung, kacang merah dan roti gandum. Meskipun demikian janganlah mengkonsumsinya terlalu banyak.

Untuk mencegah dan menyembuhkan gangguan lambung, bisa meramu satu batang katus yang sudah dikupas kulitnya, gula merah secukupnya dan air secukupnya. Kemudian dimasak hingga mengental, setelah itu diminum sebelum makan pagi dan sore. Lakukan selama sepuluh hari secara teratur.

Atau dua sendok teh temu lawak, diseduh dengan air mendidih secukupnya, kemudian diminum selagi hangat lakukan pagi dan sore sesudah makan selama sepuluh hari, dan atau pagi, siang dan sore apabila keadaan penyakit parah. Lakukan secara teratur.

Bisa juga menyiapkan 200 gram ubi jalar merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 butir biji buah pala, satu ruas jari kayu manis, 10 butir merica dan dua ruas jari jahe. Semuanya direbus dengan 1,5 liter air selama 15 menit. Setelah itu airnya diminum dan ubinya dimakan. Lakukan pada waktu pagi, atau sebagai sarapan pagi. Lakukan secara teratur.

Selain upaya tadi, paling ampuh mengatasi sakit lambung, adalah menghindari pemicunya. Seperti tidak mengkonsumsi makanan yang pedas, merangsang, dan menghindari stress kemudian makan dengan teratur, istirahat yang cukup dan berolahraga. Cara ini bisa dilakukan sendiri dan hanya diperlukan kemauan dan disiplin. [*]

 
Embed Widget

x