Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 22:52 WIB

Ini Kunci Cegah Sakit Jantung dan Stroke

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 1 November 2016 | 20:40 WIB
Ini Kunci Cegah Sakit Jantung dan Stroke
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Ini dapat dicegah dengan cara menjalankan gaya hidup sehat.

Menurut Dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Klikdokter.com terdapat beberapa faktor utama yang penyebabkan penyakit jantung dan stroke.

"Salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan mencegah faktor utama penyebabnya seperti Diabetes Mellitus, Hipertensi atau tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi.Kolesterol jahat merupakan bagian penting dalam mekanisme terbentuknya plakaterosklerosis yang menyebabkan penyempitan dalam pembuluh darah jantung," papar Vito A. Damay seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa (01/11/2016).

Dia menambahkan, salah satu penyebabnya adalah konsumsi makan yang kurang sehat secara berlebih.

Nah, untuk menakar asupan makanan sehari - hari agar tidak terjadi kolesterol tinggi pada tubuh, Anda dapat melihat beberapa daftar makanan di bawah ini. Berikut adalah lima makanan yang tinggi kadar kolesterol jahat.

1. Kuning telur dengan 1234 mg kolesterol/100 gr,

2. Telur ikan dengan 588 mg kolesterol/100 gr

3. Hati dengan 564 mg kolesterol/100 gr

4. Mentega dengan 215 mg kolesterol/100 gr

5. Udang dengan 588 mg kolesterol/100 gr.

Kondisi kadar kolesterol jahat yang tinggi sebenarnya tanpa gejala spesifik, walaupun masyarakat Indonesia umumnya berasumsi bahwa gejala kolesterol tinggi bisa dikenali lewat tanda seperti pusing pada bagian belakang kepala, pegal pada tengkuk dan pundak, serta nyeri pada dada bagian kiri seperti tertusuk.

Komentar

 
Embed Widget

x