Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Juni 2017 | 15:33 WIB

Janin Rentan Sakit Jika Ibu Alami Masalah Hubungan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 19 Oktober 2016 | 11:55 WIB
Janin Rentan Sakit Jika Ibu Alami Masalah Hubungan
(Foto: zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, New Delhi - Wanita hamil yang tidak puas dengan hubungan yang dijalani akan berpengaruh pada peningkatan risiko mengembangkan penyakit menular, yang pada gilirannya, juga akan mempengaruhi anak - anak mereka.

Mengutip dari zeenews, Rabu (19/10/2016), sebuah penelitian menemukan, bahwa risiko ibu hamil dengan kepuasan terendah dalam hubungan mereka menjadi sakit lebih dasri dua kali dibandingkan dengan mereka yang puas dengan menjalankan hubungan.

"Penelitian ini tidak membuktikan bahwa hal pertama yang mengarah ke kedua. Tetapi mereka melaporkan bahwa tidak puas dalam hubungan mereka lebih sering melaporkan penyakit selama kehamilan. Anak-anak mereka juga dilaporkan sakit lebih sering selama tahun pertama mereka," kata Roger Ekeberg Henriksen dari University of Bergen di Norwegia.

"Infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi dan penyakit di kemudian hari, ketidakpuasan pasangan anda selama kehamilan harus dianggap sebagai faktor risiko untuk kesehatan reproduksi," tambahnya.

Peneliti ini berhubungan pada faktor-faktor psikologis seperti depresi dan kualitas hidup. Tapi isolasi sosial dan kesepian bisa juga langsung mempengaruhi psikologis.

Selama kondisi menekankan sistem kekebalan tubuh kita dapat diberikan prioritas yang lebih rendah, dan dengan demikian kita menjadi kurang tahan terhadap penyakit menular dari bakteri dan virus.

"Jika kita melihat penelitian otak dan penelitian lain pada mekanisme fisiologis, kita melihat bahwa memiliki pasangan yang diprediksi dan mendukung mungkin menentukan bagi kemampuan kita untuk menangani stres. Di sisi berlawanan, respon stres dapat terjadi dengan tidak adanya dukungan sosial," papar Henriksen.

Dalam studi tersebut, Henriksen melihat terjadinya delapan penyakit menular yang berbeda, dari flu dan radang telinga.

Dengan anak-anak sampai enam bulan, terjadinya semua delapan infeksi lebih tinggi ketika ibu tidak puas dalam hubungan mereka.

"Jika ada banyak stres dalam hidup Anda dan memiliki beberapa hubungan baik, ini harus diberikan perhatian khusus. Ini mungkin ide yang baik untuk berbicara dengan bidan atau dokter umum Anda tentang hal ini," saran Henriksen.

Untuk penelitian ini, tim mengumpulkan data dari Ibu dan Anak Norwegia Cohort Study (MOBA), sebuah studi kesehatan pada ibu dan anak-anak mereka sejak tahun 1999. Studi tentang penyakit menular ibu hamil mencakup lebih dari 67.000 perempuan. Studi tentang penyakit menular anak-anak termasuk hampir 91.000 wanita dan lebih dari 100.000 anak-anak.

 
Embed Widget

x