Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Januari 2019 | 14:23 WIB

Bedah Robotic Efektif Saat Operasi Penyakit Ini...

Oleh : Arief Bayuaji | Selasa, 2 Desember 2014 | 21:00 WIB

Berita Terkait

Bedah Robotic Efektif Saat Operasi Penyakit Ini...
Robotic Surgery - (Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Bedah robotic terbukti efektif dan tepat saat mengoperasi beberapa penyakit ini. Seperti penyakit kanker prostat, kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim dan pembedahan usus. Bagaimana bisa?

"Meskipun teknologi bedah robotic belum dapat dipergunakan pada semua proses operasi terkait biaya, namun teknologi bedah robotic terbukti efektif dan tepat dipergunakan pada kasus-kasus yang kompleks. Seperti operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim dan pembedahan usus," jelas Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT BundaMedik Dr. Ivan R. Sini SpOG saat acara Robotic Surgery Gathering Pencapaian ke-100 Kasus Bedah Robotic di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (02/12/2014).

Ivan, yang juga tim dokter ARMIS ini lantas mengatakan operasi bedah robotic mampu meminimalkan rasa nyeri dan memulihkan sangat cepat. yang tak lain itu alasan banyak pasien memilih menjalani operasi bedah robotic.

Berita sebelumnya, semakin tinggi kesadaran pasien bedah yakin operasi bedah menggunakan bedah robotic mampu mengurangi risiko operasi. Tak ada jaminan operasi berhasil 100 persen, namun sebagian besar pasien puas setelah melakukan operasi bedah.

Satu buktinya, Tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery) RS Bunda Jakarta di bawah payung BundaMedik Healthcare System membukukan sukses 100 kasus pertama bedah robotic. Itu tercapai hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja.

Tercatat, RS Bunda Jakarta yang mengedepankan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik ditunjang penyediaan fasilitas berbasis teknologi termutakhir telah menjadi rumah sakit yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi saat ini. Seperti penerapan tanggap teknologi dalam berbagai fasilitas kesehatan dan kedokteran yang dimiliki serta menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi bedah robotic kepada masyarakat modern Indonesia.

Bedah robotic adalah pembedahan menggunakan teknologi tangan Robotic, kepanjangan tangan dokter bedah. Tindakan itu menggunakan luka sayatan sangat kecil yang dihubungkan ke dokter bedah melalui serat fibreoptic ke Surgeon Consule (simulator). Alat-alat canggih itu tetap dioperasikan dokter bedah dengan kontrol sepenuhnya bukan oleh robot. [aji]

Komentar

x