Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Maret 2019 | 16:46 WIB

Tim Dokter Robotic Surgery RS Bunda Jakarta

Bukukan Sukses 100 Kasus Pertama di Indonesia

Oleh : Arief Bayuaji | Selasa, 2 Desember 2014 | 19:55 WIB

Berita Terkait

Bukukan Sukses 100 Kasus Pertama di Indonesia
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery) RS Bunda Jakarta di bawah payung BundaMedik Healthcare System membukukan sukses 100 kasus pertama bedah robotic. Itu tercapai hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja.

"Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat menggembirakan bagi kami. Sebagai pusat pelayanan yang memiliki misi dan visi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik, RS Bunda Jakarta selalu mengedepankan fasilitas berbasis teknologi mutakhir yang memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan teknologi yang sudah out of date," jelas Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT BundaMedik Dr. Ivan R. Sini SpOG saat acara Robotic Surgery Gathering Pencapaian ke-100 Kasus Bedah Robotic di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (02/12/2014).

Ivan yang juga tim dokter ARMIS ini mengatakan bahwa apa yang telah dikerjakan tersebut sudah menjadi tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai tenaga kesehatan dan kedokteran. Ia mengatakan, agar ke depannya terus berinovasi dalam memberikan pelayanan jasa kesehatan dan kedokteran, yang memberikan manfaat terbaik bagi pasien.

Ia menambahkan, sejauh ini RS Bunda Jakarta menjadi rumah sakit alternatif bagi pasien bedah yang ingin melakukan bedah robotic di dalam negeri berbiaya lebih hemat, juga membantu mensosialisasikan program pemerintah mengenai medical tourism.

"Kami percaya bahwa Indonesia memiliki kualitas tenaga kesehatan dan kedokteran serta fasilitas yang tak kalah dari negara-negara lain. Untuk itu kami imbau kepada seluruh masyarakat sebagai warga negara Indonesia yang baik, seyogyanya turut mendukung program pemerintah untuk mempercayakan proses medik apa pun bentuknya kepada rumah sakit yang ada di Indonesia," ujar dia.

"RS Bunda Jakarta sendiri menawarkan pelayanan terbaik ditunjang dengan teknologi terkini dengan biaya yang lebih hemat dibanding dengan biaya di rumah sakit negara-negara tetangga," papar dia.

Sebagai informasi untuk biaya bedah robotic RS Bunda Jakarta sekitar Rp100 jutaan, yang jauh lebih hemat dari biaya serupa di beberapa rumah sakit negara tetangga. Semisal Singapura berbiaya sekitar Rp150 juta dan Malaysia berbiaya sekitar Rp130 juta.

"Sebagai suatu kebanggaan RS Bunda Jakarta dengan pencapaian 100 pasien robotic surgery Indonesia tersebut, maka RS Bunda Jakarta memberikan harga khusus tindakan kepada pasien yaitu sebesar Rp58 juta. Itu diluar harga obat dan biaya kamar, yang berlaku mulai Oktober hingga Desember 2014 ini," terang dia.

Tercatat, RS Bunda Jakarta yang mengedepankan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik ditunjang penyediaan fasilitas berbasis teknologi termutakhir telah menjadi rumah sakit yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi saat ini. Seperti penerapan tanggap teknologi dalam berbagai fasilitas kesehatan dan kedokteran yang dimiliki serta menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi bedah robotic kepada masyarakat modern Indonesia.

"Bedah robotic adalah pembedahan menggunakan teknologi tangan robotic, kepanjangan tangan dokter bedah. Tindakan itu menggunakan luka sayatan sangat kecil yang dihubungkan ke dokter bedah melalui serat fibreoptic ke surgeon consule (simulator). Alat-alat canggih itu tetap dioperasikan dokter bedah dengan kontrol sepenuhnya bukan oleh robot," imbuh dia. [aji]

Komentar

Embed Widget
x