Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 Juni 2016 | 21:12 WIB
Hide Ads

5 Gaya Hidup Sehat Ini Hindari Kanker Usus

Oleh : Arief Bayuaji | Sabtu, 11 Oktober 2014 | 19:14 WIB
5 Gaya Hidup Sehat Ini Hindari Kanker Usus
(Foto : ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Lima gaya hidup sehat yang dapat melindungi diri dari penyakit kanker usus. Apa sajakah?

Mengutip dailymail, 20 persen kasus kanker usus bagi pria dan lebih 10 persen bagi wanita bisa dicegah jika berbadan ramping, membuang tonjolan perut berlemak dan berolahraga lebih. Demikian satu studi menemukan.

Orang juga harus menghindari merokok, minum alkohol secara moderat dan beralih ke diet kaya serat, buah-buahan, sayuran, ikan, yoghurt, kacang-kacangan dan biji-bijian dengan sedikit daging merah dan olahan. Risiko menurun untuk masing-masing sifat perilaku baik yang diadopsi dan dampaknya lebih kuat terhadap pria daripada wanita

Orang-orang berolahraga kombinasi dari dua, tiga, empat dan lima dari perilaku sehat memiliki 13 persen, 21 persen, 34 persen dan 37 persen risiko lebih rendah menderita kanker usus masing-masing.

Penulis penelitian Dr Krasimira Aleksandrova dari Jerman Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbruecke mengatakan, "Data kami menegaskan dengan peningkatan jumlah gaya hidup sehat perilaku terkait bagaimana risiko seseorang menurun risiko usus kanker. Perkiraan berdasarkan populasi penelitian kami menunjukkan hingga 22 persen dari kasus pada pria dan 11 persen dari kasus bagi perempuan akan dicegah jika semua lima dari perilaku gaya hidup sehat telah diikuti. Hasil penelitian kami sangat menunjukkan potensi pencegahan bagi pria yang berisiko lebih tinggi terkena kanker usus dibandingkan wanita," jelas dia.

"Data ini memberikan insentif tambahan kepada individu, profesional medis dan otoritas kesehatan masyarakat berinvestasi dalam inisiatif gaya hidup sehat. Setiap orang dapat berkontribusi banyak menghindari kanker, perubahan gaya hidup yang lebih sehat, lebih baik," terang dia.

Tercatat, sekitar 40.000 kasus baru didiagnosa setiap tahun di Inggris dan NHS memperkirakan satu dari setiap 20 orang akan mengembangkan kanker usus selama masa hidup. Setiap tahun, sekitar 16.000 orang meninggal akibat kanker usus.

Namun, antara tujuh dan delapan di setiap 10 orang dengan kanker usus akan hidup setidaknya setahun setelah diagnosa dan lebih setengah dari yang didiagnosa akan hidup setidaknya 10 tahun.

Studi menganalisa data dari 347.237 pria dan wanita dari 10 negara dari European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition studi (EPIC) menggunakan indeks gaya hidup sehat. Selama masa studi 12 tahun, 3.759 kasus kanker usus dicatat. Peneliti melihat lima perilaku sehat kunci terkait penurunan risiko terkena kanker usus.

Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan antara tingkat kanker dan gaya hidup modern dan terfokus pada perilaku gaya hidup terisolasi dengan sedikit diketahui tentang dampak gabungan dari pilihan gaya hidup.

Untuk masing-masing lima perilaku, peserta ditugaskan satu titik untuk memiliki faktor sehat dan nol untuk tidak memiliki faktor sehat. Titik-titik kemudian dijumlahkan untuk menghasilkan skor kumulatif masing-masing peserta.

Gaya hidup lebih sehat faktor kohort diadopsi, semakin rendah risiko kanker usus. Studi dipublikasikan dalam jurnal BMC Medicine. [aji]

 

 

facebook twitter

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget