Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 00:53 WIB

Kini Kulit Manggis Bisa Jadi Es Krim

Oleh : Santi Andriani | Kamis, 10 Juli 2014 | 10:35 WIB

Berita Terkait

Kini Kulit Manggis Bisa Jadi Es Krim
ist


INILAHCOM, Jakarta- Ada kabar gembira! Kini kulit manggis bisa untuk membuat hidangan penutup yang banyak digemari yaitu es krim.

Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan membuat es krim dari kulit manggis. Tidak hanya sehat, makanan ini bernilai ekonomis.

"Kulit manggis mengandung zat yang baik untuk kesehatan yakni senyawa golongan xanton. Dari percobaan isolasi yang dipandu uji aktivitas diketahui senyawa paling aktifnya adalah alfa-mangostin, gamma-mangostin, dan garsinon-E," kata koordinator tim Ani Rahmawati Dewi di Yogyakarta, Rabu (9/07/2014).

Menurut dia, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dan senyawa aktifnya memiliki aktivitas farmakologi yaitu antialergi, antiflamasi, antioksidan, antikanker, anti mikroorganisme, dan antiaterosklerosis.

Pada uji toksisitas, kata dia, ekstak etanol kulit manggis yang mengandung senyawa aktif xanton tidak menunjukkan toksisitas baik secara akut maupun subkronis.

Tim mengolahnya menjadi es krim karena menilai pemanfaatan kulit manggis hingga kini belum maksimal. Salah satu bentuk pemanfaatan kulit manggis adalah dengan menjadikannya jus tetapi rasanya tidak seenak buahnya sehingga masyarakat malas untuk mengonsumsinya.

Oleh karena itu, tim berinovasi dengan membuat es krim dari kulit manggis. Es krim merupakan salah satu olahan makanan yang mudah dibuat dan cocok dinikmati kapan saja.

"Es krim bisa dinikmati sambil melihat televisi, membaca, belajar, suguhan untuk tamu atau ketika kumpul keluarga. Es krim juga diminati berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa," katanya.

Pada awalnya, kata dia, tim mengira es krim kulit manggis itu akan terasa pahit. Namun, setelah mencoba salah satu resep es krim berbahan sederhana yang kemudian ditambahkan kulit manggis yang telah dihaluskan, hasilnya cukup memuaskan.

Menurut dia, rasa es krim tersebut enak dan tidak terasa pahit seperti rasa kulit manggis sebelum kami olah. Es krim kulit manggis itu diproduksi dengan tiga variasi rasa, yakni rasa coklat, vanila, dan stroberi.

"Pembuatan es krim kulit manggis itu mampu mengoptimalkan khasiat dan nilai ekonomis dari kulit manggis serta sebagai peluang usaha baru bagi mahasiswa," katanya.

Anggota tim mahasiswa Fakultas MIPA UNY itu adalah mahasiswa Program Studi Matematika Kyki Roshita Dewi dan mahasiswa Program Studi Kimia Yuyun Amsari.(ant)

Komentar

Embed Widget
x