Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 06:15 WIB

Awas, Pola Diet Anda Bisa Diawasi Gigi Pintar!

Oleh : Santi andriani | Senin, 9 September 2013 | 13:36 WIB
Awas, Pola Diet Anda Bisa Diawasi Gigi Pintar!
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Ilmuwan menciptakan gigi pintar yang dapat memonitor kebiasaan minum, makan dan merokok seseorang demi membantu menjaga kesehatannya.

Gigi pintar diklaim bisa digunakan oleh dokter untuk memantau masalah pernapasan atau memeriksa mengapa diet mereka tak menunjang untuk menurunkan berat badan.

Sebuah program komputer ditanamkan dalam gigi pintar memberi informasi apa yang tengah dilakukan mulut mereka.

Kunci dari gigi pintar adalah gerak kecil ukuran kuku jari.

Sebanyak delapan relawan memiliki sensor yang melekat pada gigi mereka yang dihubungan dengan kabel tipis untuk menyalurkan informasi ke komputer.

Relawan yang terdiri dari pria dan wanita kemudian diminta terbatuk-batuk selama setengah menit, mengunyah permen karet dan membaca cerita dengan suara keras.

Ketika program komputer telah disesuaikan untuk memperhitungkan kebiasaan masing-masing orang, informasi terbukti 94% akurat sesuai dengan pekerjaan yang tengah dilakukan mulut.

Gigi pintar bisa memberikan informasi apakah si pemakai benar-benar melakukan pola diet yang benar.

"Karena mulut adalah sebagai pembuka kesehatan manusia ,sistem sensorik oral memiliki potensi untuk meningkatkan aplikasi pemantauan kesehatan seperti pelacakan diet." tulis penelitian.

Dokter dapat menggunakan informasi untuk memeriksa apakah mereka yang berjuang menurunkan berat badan benar-benar makan sedikit seperti yang mereka bilang.

"Ini bisa memiliki beberapa manfaat dalam kedokteran gigi , misalnya sebagai alat penelitian , untuk memantau pasien yang mengepalkan atau menggiling gigi mereka dan untuk menilai dampak dari berbagai intervensi gigi," kata Trevor Johnson dari Fakultas Praktik Kedokteran Gigi Umum seperti dilansir dari dailymail. [mor]

Komentar

Embed Widget
x