Minggu, 26 Oktober 2014 | 09:54 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Awas, Antibiotik Penyebab Eksim pada Anak-anak
Headline
(Foto : istimewa)
Oleh: Santi Andriani
gayahidup - Kamis, 20 Juni 2013 | 16:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta- Pemberian antibiotik pada bayi dan anak-anak bisa memicu mereka terkena eksim sebesar 40%.

Sementara antibitok yang dikonsumsi ibu selama kehamilannya, para peneliti tidak menemukan bukti ini bisa memberi risiko yang sama pada janin bayinya.

Temuan ini merupakan hasil dari analisis terhadap 20 studi. Anak-anak yang memiliki eksim, kebanyakan adalah mereka yang menerima antibiotik selama setahun pertama kehidupan mereka.

"Salah satu penjelasan potensial adalah spektrum luas antibiotik mengubah mikroflora usus dan ini pada gilirannya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan cara yang mempromosikan perkembangan penyakit alergi," ujar Dr Teresa Tsakok, dari St Thomas 'Hospital NHS Trust, London seperti dilansir dari the telegraph.

Satu dari lima siswa sekolah di Inggris dan satu dari 12 orang dewasa yang menderita eksim hingga menyebabkan luka gatal, menjadi semakin umum.

Para ilmuwan telah lama berspekulasi bahwa hal itu bisa dipicu oleh alergi atau reaksi obat umum termasuk vaksin, antibiotik dan parasetamol. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER