Kamis, 24 Juli 2014 | 20:00 WIB
Follow Us: Facebook twitter
ASI Ekslusif Hadiah Terindah untuk Bayi
Perhatikan Cara Menyimpan ASIP
Headline
ist
Oleh: Santi Andriani
gayahidup - Rabu, 5 Juni 2013 | 16:10 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta- Ketika memerah air susu ibu (ASI) di tempat bekerja, sebaiknya hasil perahan tidak disimpan di kulkas pada bagian frezercukup di kulkas bagian bawah.

Hal ini untuk menghindari ASIP yang beku mencair selama perjalanan pulang ke rumah, kecuali jika susu langsung akan diminumkan kepada bayi keesokkan harinya tanpa perlu disimpan di freezer lagi.

"Karena ketika susu yang beku sudah mencair seluruhnya maka ini tidak bisa ditaruh di dalam frezer di rumah. Sebaliknya jika masih keliatan ada bagian yang beku, ini tidak apa-apa disimpan kembali di frezer," kata Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI), Mia Sutanto dalam talkshow "Menyusui dan Memberikan ASI Eksklusif sebagai 'Gift of Love' bagi Keluarga" di Jakarta.

Karena kata Mia, susu yang sudah dibekukan dan mencari lagi sangat rawan terkontaminasi bakteri. Ketika ini dibekukan kembali maka bakteri akan ikut membeku dan tetap hidup.

"Jadi bilang memang sudah mencair seluruhnya sebaiknya diberikan dalam waktu satu kali 24 jam. Karenanya ibu-ibu bekerja yang memerah ASI di kantor sebaiknya ini tidak disimpan di frezer, cukup di kulkas bagian bawah sehingga ketika pulang jika ini ingin dimasukkan ke dalam frezer maka akan aman," ujarnya.

Soal tata cara penyimpanan ASIP, Mia juga menyarankan agar para ibu tidak memasukkan hasil perahan langsung ke dalam botol besar, melainkan cukup botol-botol kecil yang sesuai dengan kebiasaan bayi menghabiskan ASI.

"Ini agar ketika bayi tidak menghabiskannya, maka tidak akan mubazir terbuang. Karena sisa ASIP tidak boleh lagi diberikan karena sudah tercampur dengan ludah bayi yang rawan membawa bakteri," jelasnya.

Sementara melihat bagaimana ciri-ciri ASIP yang sudah tidak baik, Mia menuturkan, secara fisik ini tidak akan kelihatan. Namun katanya, ASIP sebaiknya tidak diberikan jika:

1. Sudah melewati batas waktu penyimpanan

Di freezer ASI akan tahan 3-5 bulan dalam keadaan botol tertutup rapat. Sementara di kulkas bagian bawah, ASIP tahan hingga lima hari, sedangkan di ruangan dengan suhu normal ASIP akan bertahan 6-8 jam.

Jadi sebaiknya catat tanggal dan bulan kapan ASI diperas dan berlakukan sistem first in first out, yang lebih dahulu masuk adalah yang harus dikeluarkan untuk diminum.

2. Tidak disimpan dengan tata cara penyimpanan yang benar

Menyimpan ASIP untuk pemakaian tidak dalam waktu dekat sebaiknya disimpan dalam freezer.
Ketika ingin diminum keesokan harinya sebaiknya ASIP dikeluarkan dari freezer pada malam hari nanti agar memiliki waktu untuk mencair.

Jangan simpan ASIP di rak pada pintu kulkas karena ketika membuka dan menutup kulkas, perubahan suhu bisa mempengaruhi kualitas ASIP.

Tidak masalah penyimpanan ASIP dicampur dengan bahan makanan lainnya dalam laci kulkas, makanan lain tidak akan mempengaruhi ASIP. Tapi usahakan hindari makanan-makanan dengan bau menyengat.

Ketika ingin memasukkan ASIP ke dalam frezer sebaiknya simpan sebentar di kulkas bagian bawah agar perubahan suhu terjadi secara bertahap.

Sementara air susu yang berangsur berwarna kuning, Mia menuturkan, ini bukan berarti ASIP sudah tidak layak.

"Lemak dalam ASIP memang berwarna kuning, ini bukan tanda tidak bagus," ujarnya. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER