Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:16 WIB

20 Makanan Ini Bantu Mencegah Penuaan Dini

Oleh : Santi Andriani | Senin, 27 Mei 2013 | 19:25 WIB
20 Makanan Ini Bantu Mencegah Penuaan Dini
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Penuaan terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kaum perempuan, padahal ini adalah yang pasti akan dialami oleh setiap wanita. Mereka hanya bisa berharap penuaan itu datangnya tak buru-buru.

Istilah penuaan berkaitan dengan degenerasi tubuh akibat kerusakan yang terjadi pada makromolekul, sel, jaringan dan organ.

Jika makanan disebut memiliki sifat anti penuaan, bisa jadi makanan ini memiliki satu atau lebih dari mekanisme anti penuaan yaitu:

a) Secara berkala mengganti jaringan yang rusak dengan yang sehat.
b) Membawa perbaikan molekul merosot sel dan jaringan.
c) Mengadung anti-oksidasi penurunan tingkat produksi radikal bebas dan kerusakan setelah DNA sel.

Lalu makanan-makanan apa saya yang bisa memperlambat penuaan itu? Mengutip timeofindia, ahli gizi Shamita Gupte dan Hiral Sejpal memberi daftar 20 makanan yang bisa memperlambat penuaan.

Biji-bijian

Sereal utuh seperti gandum mengandung serat yang tinggi, menjadi sumber vitamin B-kompleks yang memastikan fungsi metabolisme yang sehat dan mencegah kelainan DNA.

Susu dan produk olahan susu

Kaya akan protein yang mencegah kerutan dan kulit kendur.

Buncis dan kacang-kacangan

Kaya akan protein dan rendah lemak yang mengandung antosianin dan isoflavon zat untuk anti penuaan.

Kecambah

Mencegah stroke, penebalan dinding arteri, kanker dan menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Sayuran seperti kubis, kembang kol, dan brokoli

Menjaga mencegah kelelahan, kelemahan otot, gagal jantung dan gangguan neurologis. Kandungan quercetin melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab penuaan.

Sayuran berdaun

Kaya akan vitamin K dan asam folat yang ditemukan membantu memperbaiki kerusakan DNA dan menjaga sel-sel tetap sehat dan optimal.

Sayuran berdaun hijau

Mengandung karotenoid dan selenium untuk meningkatkan energi, kekuatan otot dan fungsi neurologis yang berkaitan dengan kepikunan.

Sayuran putih dan buah-buahan

Seperti bawang, lobak putih dan buah-buahan seperti apel dan pisang. Mengandung antioksidan yang kuat untuk menghancurkan zat kanker dalam tubuh. Bawang untuk kekebalan khususnya di usia lanjut.

Sayuran dan buah-buahankuning dan orange

Seperti wortel, ubi jalar, labu, jagung manis, pepaya, persik , mangga dan melon memberikan banyak betakaroten, vitamin A dan vitamin C. Selain itu juga mengandung zeaxanthin, flavonoid,likopen sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

Sayuran ungu dan pink dan buah-buahan

Seperti terung, lobak merah muda, ubi jalar, anggur ungu, Ini mengandung flavanols, antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dan menjaga warna kulit serta elastisitas produksi kolagen.

Sayuran berwarna coklat

Seperti kentang dengan kulitnya, jamur, kismis, aprikot. Ini mengandung senyawa fenolik yang menangkal bakteri, virus dan patogen mikroorganisme sehingga meningkatkan kekebalan yang membantu menunda kerusakan sel-sel yang memicu penuaan itu sendiri.

Sayuran merah dan buah-buahan

Seperti tomat, jeruk, semangka, buah delima. Mengandung lycopene yang merupakan senjata ampuh untuk melawan radikal bebas. Melindungi dari paparan sinar matahari yang bisa mempercepat penuaan.

Sifat antioksidan pada buah delima untuk regenerasi sel kulit sehingga mencegah keriput, kulit kendur.

Jeruk

Sifat anti-inflamasi pada jeruk, limau manis, lemon memberi peran penting untuk bermain melawan penyakit degeneratif seiring pertumbuhan usia seperti jantung, arthritis.

Beries, blueberry, ceri, cranberry, rasberry, stroberri.

Membantu mempertahankan energi sel dan menjaga kulit sehat dan lentur

Kacang-kacangan

Tinggi lemak dan sumber energi juga omega-3, pitosterol yang melindungi terhadap demensia, gangguan mata degeneratif dan peradangan terkait penuaan.

Bawang putih

Sarat dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi untuk mengurangi gejala terkait penuaan, kesehatan jantung, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan perlindungan terhadap virus dan bakteri.

Kunyit

Faktor anti-penuaan yaitu rempah-rempah. Mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan sehingga digunakan secara tradisional untuk kulit bersinar sehat. Serta menghancurkan pro-karsinogen, sehingga melindungi terhadap kanker.

Jahe

Faktor lingkungan seperti polusi, radiasi dan merokok melepaskan radikal bebas ke udara, menyebabkan kerusakan kulit dan penampilan penuaan dipercepat. Jahe dapat memperlambat proses penuaan dengan menghilangkan racun radikal bebas dari tubuh, merangsang sirkulasi dan meningkatkan kulit.

Teh hijau

Kolagen dan elastin adalah dua serat struktural penting di kulit Anda yang membutuhkan perlindungan untuk memperlambat proses penuaan.

Ini diberikan oleh teh hijau karena berperan sebagai anti-kolagenase dan sifat anti-elastase yang mencegah kerusakan serat ini.

Air

Air sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan dan kulit sehat. Air memainkan peran penting dalam pembongkaran racun yang membahayakan tubuh.

Minimal sekitar 2 liter harus dikonsumsi setiap hari.

Komentar

 
Embed Widget

x