Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Januari 2015 | 09:17 WIB
Hide Ads

Bersihkan Dot dengan Dihisap, Cegah Bayi Kena Asma

Oleh : Santi Andriani | Selasa, 7 Mei 2013 | 18:55 WIB

Berita Terkait

Bersihkan Dot dengan Dihisap, Cegah Bayi Kena Asma
(Foto : gettyimages)

INILAH.COM, Jakarta - Membersihkan dot bayi dengan cara orang tua menghisapnya dapat mengurangi risiko bayi terkena alergi atau asma saat besar nanti.

Penelitian menemukan fakta, perpindahan mikroba dari mulut ibu kepada bayi melalui dot yang dibersihkan dengan cara dihisap membantu meningkatkan keragaman bakteri dan sistem pencernaan bayi serta kekebalan tubuh.

"Kita tahu bakteri ini penting untuk pembangunan," kata Dr Wilfried Karmaus dari Universitas Memphis, yang telah mempelajari asma dan eksim namun tidak terlibat dalam penelitian itu.

Penelitian melibatkan wanita hamil di salah rumah sakit di Swedia dan mengikuti perkembangan mereka dari mulai kelahiran selama tiga tahun melalui sambungan telepon. Ditemukan sebanyak 184 bayi menderita rawan alergi dan 80% memiliki salah satu orang tuanya menderita alergi.

Ketika bayi berusia enam bulan, sebanyak 65% orang tua melaporkan membersihkan dot mereka dengan cara menghisapnya . Sementara kebanyakan mengatakan membersihkan dot dengan air keran.

Anak-anak itu kemudian dites alergi pada usia 18 dan 36 bulan.

Pada kunjungan pertama 46 dari mereka ditemukan memiliki eksim dan 10 anak memiliki gejala asma. Anak-anak yang dotnya dibersihkan orang tua dengan cara dihisap sebanyak 63% lebih kecil untuk memiliki eksim di usia 18 bulan dan 88% lebih kecil untuk terserang asma dibanding anak-anak yang tidak dotnya tidak dibersihkan dengan cara dihisap orang tua.

Seperti dilansir darinydaily, dalam analisis yang lebih kecil dari 33 bayi, para peneliti menemukan bahwa bayi yang orang tuanya tidak mengisap dot mereka memiliki berbagai jenis bakteri yang hidup di mulut mereka. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.