Kamis, 30 Oktober 2014 | 20:41 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Agar Ginjal Senantiasa Sehat, Lakukan Ini..
Headline
Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Senin, 15 April 2013 | 22:05 WIB
INILAH.COM,Jakarta - Penyakit ginjal memang pada umumnya tidak pernah terasa dan juga tidak ada rasa sakit ketika masih memasuki stadium awalnya.
Menurut penelitian, penyakit ginjal bisa tergolong dalam silent disease karena dianggap tidak ada rasa kesakitan pada sang penderita pada awal-awalnya. Bahkan menurut salah satu dokter, penyakit tersebut bisa menjadi kronis jika sudah terlihat sangat buruk.
Ginjal sendiri merupakan salah satu organ yang sangat vital pada manusia yang bertugas mengatur semua komposisi darah. Tujuannya hanya agar darah tetap pada kualitasnya yaitu bersih dan tidak tercampur berbagai virus mematikan.
Tidak hanya itu, ginjal juga memiliki tugas untuk mengatur banyaknya air yang masuk kedalam tubuh anda. Dan jika terjadi toksin, maka ginjal bertugas untuk segera membuang sisa toksin tersebut melalui keringat. Sedangkan fungsi ginjal yaitu sebagai pengatur tekanan darah dalam tubuh manusia.
Nah, berikut beberapa tips untuk mencegah penyakit ginjal atau merusaknya kualitas ginjal seseorang.
Rutin lakukan general check up
General check up bertujuan untuk memeriksa seluuh tubuh apakah ada yang mengalami gangguan atau tidak. Dengan general check up ini akan diketahui gejala-gejala gagal ginjal sejak dini sehingga pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan semaksimal mungkin.
Sangat dianjurkan bagi kita agar melakukan medical check up secara rutin dan teratur karena peemeriksaan pada gangguan ginjal seperti kencing batu dan prostat dapat menncegah terhadap sakit ginjal.
Perbanyak konsumsi air putih
Sebenarnyya untuk menghindari sakit ginjal kita hanya perlu melakukan beberapa hal yang sederhana, misalnya minum airr putih yang cukup (minimal 8 gelas perhari), mengghindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghindari penggunaan obat-obatan yang tanpa resep dokter.
Menjaga berat badan
Berat badan meruoakan hal yang bisa membantu dalam pencegahan sakit ginjal. Karena kegemukan bisa memicu kerusakan pada ginjal.
Mengurangi makanan berlemak
Makanan berlemak bisa menyebabkan ganguan pada ginjal karena makanan ini banyak mengandung kolestrol sehingga kanduungaan kolesterol dalam darah akan meningkat. Jadi kurangilah makan makanan berlemak tinggi agar ginjal tetap terjaga.
Stop merokok
Merokok adalah hal yang sanga membahayakan bagi tubuh dalam jangka pendek maupun kurrun waktu yang panjang. Karena rokok mengandung nikottin yang dalam waktu lama akan mengendap di paru-patu. Selain itu, rokok juga mampu merusak organ-organ vital dalam tubuh termasuk ginjal.
Rajin berolahraga
Olahraga memang memiliki banyak manfaatt, tetapi olahraga yang berlebihan juga bisa merusak kesehatan. Olahraga kecil namun teratur juga akan bermanfaat menjaga kesehatan ginjal, usahakan agar kita melakukan olahraga setiap hari selama 2 jam agar daya tahan tubuh tetap terjaga .
Transplantasi bukan 'Dewa Penyelamat'
Operasi transplantasi ginjal dianggap sebagai 'dewa penyelamat' bila ginjal sudah tidak dapat bekerja dengan baik. Namun sebenarnya, jika tidak rutin melakukan pemeriksaan pasca-operasi, pasien bisa mengalami gagal ginjal kembali.
"Transplantasi memang dilakukan sebagai langkah terbaik jika ginjal mengalami kerusakan dan tidak mampu berfungsi, namun bukan berarti setelah itu pasien bisa bernafas lega," kata Prof DR dr Endang Susalit, Sp.PD-KGH , di Jakarta belum lama ini.
Menurutnya, setelah pasien gagal ginjal melakukan operasi transplantasi, pasien tetap harus menjaga kesehatannya. Selain itu, yang paling penting tetap melakukan kontrol secara rutin ke rumah sakit. Obat yang diberikan oleh dokter pun harus dihabiskan.
"Banyak pasien pasca operasi transplantasi malas minum obat karena takut ginjalnya rusak, padahal justru dengan mengonsumsi obat tersebut, ginjalnya akan mampu beradaptasi dengan kondisi barunya," jelass Endang.
Ketidakteraturan pasien melakukan pengobatan pasca operasi dibenarkan Dr. Endang sebagai salah satu faktor utama ginjalnya mengalami kerusakan lagi. Bahkan bukan tidak mungkin pasien bisa mengalami gagal ginjal kembali.
"Yang tidak kalah pentingnya, pasca operasi pasien sangat mudah terinfeksi, sehingga kondisi rumahnya harus selalu bersih, selalu menggunakan masker, dan mau mengonsumsi obat," ungkapnya.
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER