Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 31 Januari 2015 | 12:24 WIB
Hide Ads

10 Cara Mencegah dan Menangani Depresi

Oleh : Santi andriani | Rabu, 3 April 2013 | 17:35 WIB
10 Cara Mencegah dan Menangani Depresi
Wanita depresi - (Foto: ilustrasi)

INILAH.COM, Jakarta- Depresi memicu dampak buruk bagi kesehatan kita. Asal tahu bagaimana caranya, kita bisa menangani dan melalui depresi dengan baik.

Mengutip time of india, setidaknya ada 10 cara bagaimana mencegah dan menangani depresi sehingga tidak sampai berdampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan kita.

1. Makanan untuk kebahagiaan

Orang yang depresi bisa jadi meningkatkan nafsu makan atau bahkan kehilangan sama sekali. Asalkan memilih makanan yang tepat ini menjadi cara menghilangkan depresi.

Cobalan mengkonsumsi kacang, buah, coklat hitam, tomat, bayam, kelapa, madu, biji-bijian untuk menambah semangat dan suasana hati lebih baik.

Makanan ini meningkatkan endorphin yang berkaitan dengan suasana hati yang bahagia.

2. Berhenti merokok

Studi tahun 2008 menemukan, dari 3000 orang yang disurvei, mereka yang merokok memiliki 6,6% lebih tinggi untuk terkena depresi seumur hidup mereka. Ini lebih tinggi ketimbang mereka non perokok yang hanya 2,9%.

3. Latihan fisik

Pasien yang melakukan latihan fisik satu setengah sampai dua jam per minggu memiliki skor lebih rendah atas resiko depresi ketimbang yang tidak aktif.

4. Hindari junk food

Studi menunjukkan orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang digoreng, daging olahan, makanan penutup dan susuk berlemak tinggi menunjukkan tanda-tanda depresi yang lebih tinggi.

5. Hindari begadang dan nonton teve berlebihan

Studi di Amerika Serikat menemukan, duduk di depan layar komputer atau televisi hingga larut malam bisa meningkatkan resiko depresi.

6. Berjalan-jalan ke luar ruangan

Ingin meningkatkan kebahagiaan? Pastikan kadar serotonin Anda normal dan sinar matahari hangat adalah kuncinya. Jika merasa sudah bosan dan tertekan, pergi ke luar rumah walau sebentar bisa membantu.

7. Bergaulah dengan orang-orang yang membawa dampak positif

Mengisolasi diri hanya akan membuat psikologis lebih buruk. Namun terlibat dalam pergaulan juga harus pilih-pilih yang bisa memberi dampak positif untuk hidup Anda. Pilih orang yang energik, positif dan berpikiran terbuka.

8. Jauhkan dari pikiran negatif

Depresi dapat membuat Anda terlalu jauh memikirkan segala sesuatu dari sisi negatif. Lakukan kebiasan yang baik, terlibat dalam pergaulan yang positif dan lingkungan yang bersih membantu Anda menjauhkan dari pikiran negatif.

9. Hindari lagu sedih

Bila depresi, adalah kecenderungan yang normal untuk kemudian ingin mendengarkan lagu yang sedih.

Tapi jangan terlalu berlebihan karena ini hanya akan memperburuk kondisi. Sebaliknya, dengarkan lagu yang memberi keceriaan dan membuat hidup lebih semangat.

10. Hindari alkohol dan obat-obatan

Mungkin Anda tergoda untuk minum atau minum obat penenang saat depresi mulai meyerang, tapi ini bukan jalan keluar yang tepat. Karena ini hanya akan memperburuk kondisi, alkohol dapat meningkatkan pikiran untuk bunuh diri dan menjadi kecanduan. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

51686

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.