Jumat, 31 Oktober 2014 | 10:55 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tari Perut, Bikin Perempuan Lebih Bugar & Seksi
Headline
Ist
Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Sabtu, 16 Maret 2013 | 13:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM,Jakarta - Belly dance atau tari perut tak hanya mampu membuat tubuh Anda lebih lentur tetapi juga bisa membakar kalori dalam tubuh.

Saat melakukan latihan ini, gunakanlah gaun dengan pinggul ketat, sehingga pergerakan pinggul mudah terlihat.

Tari perut ini memiliki sejarah panjang di negara Timur Tengah dan Afrika. Ada beberapa teori yang mengungkapkan dari mana Tari Perut berasal, yaitu bukan dari Arab melainkan dari Yunani tetapi ada juga yang mengatakan berasal dari Romani.

Dahulu tari perut ini termasuk tarian religi. Rasa percaya diri, struktur tubuh dan pengaturan napas yang baik, sangat dibutuhkan jika seseorang ingin melakukan tari perut. Gerakannya yang sensual membuat tarian perut terlihat sangat indah.

Ada beberapa gerakan dasar tari perut, yaitu rotasi pinggul, getaran pinggul, gerakan ular kepala, tangan berliku, dan gelombang perut. Setiap gerakan bisa saling dikombinasikan dan bisa menciptakan tarian yang sangat seksi dan sensual.

Tari perut ini sangat baik bagi wanita karena bisa melancarkan peredaran darah. Jika Anda sering mengalami nyeri haid dan peredaran yang tidak lancar, tari perut bisa menjadi olahraga alternatif. Selama melakukan tari perut, pernapasan pun harus diatur dengan baik. Anda akan dilatih pernapasan agar tidak kehabisan napas saat menari.

Teknik pernafasan yang diterapkan dalam tari perut sama dengan teknik pernafasan pemain alat musik tiup dan penyanyi. Misalnya saat melakukan gerakan gelombang perut penari akan fokus pada pernafasan dan bukan pada gerakan otot.

Penari perut akan dilatih untuk bernafas menggunakan perut dan bukan paru-paru, agar oksigen yang terserap lebih banyak. Banyak wanita yang mengeluhkan keadaan perutnya yang menggelambir meskipun tubuhnya tidak termasuk gemuk. Untuk mengatasinya, tari perut merupakan pilihan yang tepat.

Tari perut membuat semua otot Anda bergerak dan bisa membentuknya menjadi lebih baik. Bukan hanya tari perut, tari-tarian lain juga merupakan latihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Posisi tubuh Anda pun akan terbentuk dengan baik, gerakan otot lebih lentur dan tidak mudah cedera.

Selain bisa membuat sang penarinya merasa seksi dan sensual, tari perut juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja ?

Meningkatkan fleksibilitas

Gerakan yang diulang-ulang akan meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga Anda mengetahui sampai sejauh mana tubuh Anda mampu digerakkan.

Menguatkan otot

Belly dance adalah tarian yang gerakannya fokus pada otot-otot yang jarang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tarian ini dapat melenturkan dan memperkuat otot perut, bokong serta paha saat berlatih.

Turunkan berat badan

Gerakan intens yang repetitif membutuhkan banyak kalori. Sehingga kelebihan kalori di tubuh Anda akan berkurang dan hasilnya, berat badan juga terkikis dengan cepat. Agar hasilnya maksimal, kombinasikan dengan fitnes dan aktivitas fisik lainnya.

Bentuk tubuh ideal

Gerakan menggoyang tubuh dengan anggun selama menari, akan menempatkan sendi dan ligamen pada tulang belakang bagian bawah kembali pada posisinya. Sehingga membentuk postur tubuh yang sempurna.

Tingkatkan stamina & percaya diri

Tari perut dapat meningkatkan stamina, serta mengencangkan otot-otot Anda secara alami. Tak hanya itu, Anda akan merasa cukup percaya diri saat melakukan berbagai kegiatan setelah melakukan gerakan belly dancing. Apalagi kalau bukan karena perut dan tubuh yang lebih seksi setelah rutin melakukan belly dance?

Lancarkan peredaran darah

Melancarkan sistem peredaran darah yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan sistem biologis tubuh secara keseluruhan. (berbagai sumber/iDiva)




Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER