Kamis, 28 Agustus 2014 | 12:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Eksplorasi Rasa Umami Bersama Chef Asal Jepang
Headline
Chef Kimio Nonaga - ist
Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Selasa, 15 Januari 2013 | 06:15 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Bandung - Banyak cara yang dilakukan chef tak terkecuali juru masak asal Negeri Sakura Jepang untuk memperoleh cita rasa umami.

Kata “umami” berasal dari bahasa Jepang yang berarti “gurih”, inilah kekuatan makanan Jepang. Umami merupakan rasa dasar kelima selain rasa manis, asin, pahit, dan asam.

Umami sudah ditemukan lebih dari 100 tahun lalu di Jepang. Namun, keberadaan umami masih belum banyak diketahui, khususnya masyarakat Indonesia, padahal dalam keseharian umami tanpa disadari selalu dirasakan kelezatannya.

Untuk bereksplorasi akan kelezatan rasa yang terkandung umami,brand penyedap rasa terkemuka Ajinomoto bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung guna memperkenalkan lebih jauh umami kepada mahasiswa melalui kuliah umum.

Kuliah umum bertema “Exploring the Wonders of Umami” ini akan diadakan selama 2 semester untuk mahasiswa tingkat awal. Diadakan tiap satu bulan sekali, pengajarnya adalah para chef Jepang berpengalaman, di antaranya Chef Naoyuki Yanagihara, Chef Kazuki Kondo, Dr Ana San Gabriel, juga Chef Kimio Nonaga.

Chef Nonaga memberi kuliah umum mengenai bagaimana memanfaatkan bahan baku lokal di Indonesia untuk membuat masakan Jepang yang umami atau gurih.

Untuk menonjolkan rasa umami masakan Jepang, tak melulu harus mengimpor bahan dari negara aslinya. Bahan lokal juga bisa dieksplorasi untuk menciptakan menu yang tak kalah lezat dan enak.

Dalam kuliah umum berdurasi 1,5 jam tersebut, ada 3 resep yang ditampilkan, antara lain Toriniku to Kuunsinsasi no Suupu atau sup pasta kangkung bakso ayam, Toriniku to Nasu to Syouga no Takikomi Gohan atau nasi gurih berbumbu, juga Mushi Yasai no Tempe Soosu ae, atau sayuran dengan saus tempe. Semuanya dibuat dengan bahan yang mudah didapat di Indonesia.

"Umami bisa didapatkan dari mana saja. Semua bahan makanan bisa menghasilkan umami yang baik, asalkan proses memasaknya benar," ucap pemenang kompetisi memasak Iron Chef 2002. [mor].

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER