Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 03:50 WIB

Inilah Fakta Menarik Seputar Makanan

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Minggu, 16 Desember 2012 | 13:01 WIB
Inilah Fakta Menarik Seputar Makanan
Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Makanan bukan hanya berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh, tetapi juga memiliki beberapa pengaruh yang sangat besar dan tidak terduga bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Hal-hal kecil mengenai makanan akan sangat berharga bagi kesehatan Anda. Karenanya, ada beberapa fakta menarik seputar makanan. Apa saja ?

Sarapan

Aktivitas makan di pagi hari yang yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang ternyata dapat mengurangi risiko Anda untuk terserang stroke. Menurut para peneliti dari Amerika Serikat, mengonsumsi sereal dan roti yang banyak mengandung asam folat selain dapat mengurangi jumlah kelahiran cacat pada ibu hamil juga dapat mengurangi risiko terserang stroke.

Cokelat

Kudapan yang satu ini selain membuat pemakannya ketagihan, juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Para peneliti dari Belanda menyarankan mengonsumsi 10 g coklat hitam yang banyak mengandung antioksidan. Antioksidan tersebut dapat memperbaiki tekanan darah dengan cara membantu mengontrol aliran darah secara lebih efisien.

Anggur merah

Anggur merah atau yang sering disebut red wine, baik untuk kesehatan mulut Anda. Professor Kedokteran Gigi dari Canada, Daniel Grenier, menemukan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam anggur merah dapat membantu mencegah penyakit gusi.

Dalam penelitian lain, para ilmuwan juga menemukan bahwa resveratrol (sejenis antibiotik yang diproduksi oleh tanaman jika terserang bakteri atau jamur) yang terdapat dalam anggur dapat memperlambat serangan penyakit Alzheimer.

Teh hijau

Minuman berkhasiat ini dapat meningkatkan daya ingat Anda. Dalam sebuah penelitian di Jepang pada 1,000 orang yang berusia 70 tahun ke atas, para peneliti menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi teh hijau menunjukan hasil yang lebih baik dalam menjalani uji daya ingat.

Makanan dingin dan panas

Apakah Anda pernah makan pepermint dan dihirup pada saat yang sama, hanya untuk menemukan rasa yang membakar mulut Anda? Bahkan, mulutAnda semakin dingin! Peppermint mengandung jejak mentol yang tinggi memicu reseptor dingin mulut Anda.

Di sisi berlawanan cabai memicu reseptor panas mulut. Jika Anda ingin mencoba eksperimen aneh, kunyahlah sebuah cabai dan peppermint pada saat yang sama. Dan untuk membuat hal-hal bahkan lebih menarik-sementara mint membuat Anda berpikir bahwa Anda makan sesuatu yang dingin, suhu sebenarnya daerah yang terkena tetap sama sebelum, selama dan sesudah konsumsi.

Kafein

Kafein dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian di Australia mengenai kesehatan orang dewasa dilakukan melalui uji dengan mengonsumsi dan tidak mengkonsumsi kafein. Aktifitas otak pada orang-orang yang mengkonsumsi kafein lebih banyak ditemukan pada bagian-bagian yang berhubungan dengan perhatian dan daya ingat.

Serat

Serat mambantu mengurangi pengaruh asap rokok pada perokok pasif. Para peneliti Amerika percaya bahwa serat sebenarnya baik untuk paru-paru dan membantu mengurangi risiko dari pengaruh asap rokok bagi para perokok pasif. Yang Anda perlukan hanyalah mengonsumsi 2 buah apel setiap harinya.

Daging

Daging ayam dapat melindungi kita dari serangan penyakit kanker usus. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap lebih dari 1,500 orang dan mengetahui kebiasaan makan mereka, para peneliti dari Dartmounth Medical School menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak daging ayam memiliki risiko untuk berkembangnya adenoma, pemicu timbulnya kanker usus, 21% lebih rendah.

Susu

Susu dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian orang Amerika di Universitas Havard ditemukan mereka yang mengonsumsi 1 - 2 cangkir susu rendah lemak atau susu skim per hari memiliki kemungkinan 21% lebih rendah untuk terserang 2 jenis penyakit diabetes. [berbagai sumber]

Komentar

Embed Widget
x