Minggu, 24 Agustus 2014 | 02:47 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Bangun Tidur 'Salah Bantal'? Ini Cara Mengatasinya
Headline
Foto: Ilustrasi
Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Kamis, 6 Desember 2012 | 12:15 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Kadang ketika bangun, leher kita terasa keras dan tidak enak untuk digerakkan, seperti ada masalah dengan tulang dan urat leher kita.

Saat mau tidur, Anda sudah memposisikan diri senyaman mungkin di ranjang agar bisa tidur nyenyak. Namun ketika bangun keesokan harinya, Anda merasa leher begitu kaku dan sakit jika menengok ke kanan atau kiri.

Semua orang pernah mengalami tortikolis atau yang dikenal dengan istilah 'salah bantal'. Namun jangan sampai hanya gara-gara 'salah bantal' seluruh kegiatan Anda terganggu karena tidak bisa menoleh secara leluasa.

Tak heran bila saat ini berkembang pula tenaga-tenaga medis yang mampu melakukan gerakan pemijatan chiropractic untuk membantu mengatasi nyeri pada tulang belakang, termasuk masalah "salah bantal" tadi.

Selain menggunakan tenaga medis, salah bantal juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Apa saja?

Kompres dengan air hangat

Dengan mengompres bagian leher yang sakit dengan kain hangat, maka leher Anda akan menjadi lebih rileks dan peredaran darah dapat berjalan lancar kembali.

Lakukan sambil menepuk-nepuk bagian yang sakit dengan lembut. Yang tidak kalah penting, Anda harus berada dalam keadaan tenang, dengarkan musik-musik dalam keadaan tenang.

Stretching berlawanan arah

Jika leher Anda sakit saat menunduk, Anda dapat melakukan peregangan dengan menengadah kepala Anda dengan perlahan, misalnya dengan tubuh bersandar pada kursi. Lakukan secara berulang agar otot leher Anda yang sedang kaku bisa segera normal kembali.

Mandi air hangat dan pijat perlahan

Arahkan shower air hangat Anda ke bagian lehar yang sakit selama beberapa saat. Rasa sakit atau ketegangan pada leher Anda akan berkurang. Setelah itu, Anda dapat meminta orang lain untuk memijat bagian yang sakit secara perlahan.

Anda dapat memijat tangan atau kaki Anda sendiri, tetapi beda hal dengan sakit leher yang harus dilakukan oleh orang lain, karena biasanya sakit pada leher akan menjalar hingga tangan. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
dimas
Rabu, 26 Desember 2012 | 08:32 WIB
makasih infonya Gan..
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER