Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 03:40 WIB

Akupresur Cara Cepat Atasi Sakit Kepala

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Selasa, 20 November 2012 | 22:15 WIB
Akupresur Cara Cepat Atasi Sakit Kepala
ist
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Gangguan sakit kepala dapat dikatakan sebagai penyakit yang muncul dari gaya hidup.

Biasanya, rasa sakit ini menyerang saat Anda berada dalam tekanan. Selain itu juga ditimbulkan dari bahan tambahan makanan yang ada dalam setiap hidangan.

Rasa sakit ini dapat berlangsung selama berjam-jam, atau juga sementara.

"Tidak hanya menyerang bagian kepala, rasa sakit juga berdampak pada ketidak nyamanan pada bagian bahu dan leher," papar Peter Goadsby, MD, direktur dari University of California San Francisco Headache Clinic, seperti dikutip iVillage.

Jangan panik dan cemas bila muncul sakit di sekitar kepala, leher, nyeri bahu, nyeri pergelangan tangan, pinggang, atau stres. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara perawatan akupresur, yaitu menstimulasi titik-titik akupresur melalui penekanan pada titik-titik tertentu di permukaan tubuh.

Dr Hasan Mihardja, spesialis akupresur dan konsultan akupresur dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, mengatakan bila mengalami berbagai gejala penyakit tersebut, teknik penyembuhan dengan akupresur bisa dilakukan secara mandiri, mudah, aman, dan efektif.

Menurutnya, dunia kerja yang semakin konpetitif dan tempat kerja yang tidak memenuhi syarat, seringkali menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terutama bagi pekerja di perkantoran.

"Salah satu teknik tersebut adalah pengobatan mandiri dengan akupresur. Caranya dengan menekan titik-titik tertentu pada permukaan tubuh untuk memperoleh efek preventif, promotif, dan mengurangi berbagai keluhan ringan," katanya di sela-sela Workshop Menjadi Terampil dan Mandiri Melalui Pemanfaatan Ramuan dan Akupresur di Jakarta, Selasa (20/11).

Dia menjelaskan akupresur bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa nyeri, menghilangkan stres atau menenangkan pikiran, serta member rasa nyaman.

"Perawatan mandiri dengan akupresur dapat dilakukan di kantor pada saat istirahat. Caranya muda, aman, dan dapat dilakukan sendiri dalam waktu 5-10 menit, dan ditekan sebanyak 20-30 kali," ungkapnya.

Untuk mengatasi sakit kepala, sambungnya, titik yang distimulasi adalah titik yang terletak di puncak kepala, ditekan dengan menggunakan jari tangan telunjuk dan jari tengah. Juga tekan titik di belakang kepala, di bawah benjolan tulang tengkorak, ditekan menggunakan ibu jari. Tekan sampai 20-30 kali sesuai dengan keluhan yang dialami.

Bila mata lelah, tekan titik yang terletak di garis tengah tubuh depan, atnara kedua pangkal alir dengan jari telunjuk. Kemudian tekan titik yang terletak di pertengahan alis di atas pupil mata dengan telunjuk.

Selanjutnya tekan titik yang terletak di lekukan tulangpelipis, sejajar dengan sudut mata luar, pakai jari telunjuk. Tekan juga titik yang terletak di pangkal alis dengan menggunakan ibu jari.

Setelah itu, tekan titik yang di ujung alis juga dengan telunjuk. Terakhir tekan titik di bawah pupil mata pada lingkar bawah tulang mata dengan telunjuk. Dan, dilanjutkan dengan pengurutan dari pangkal sampai dengan ujung alis, dan dari sudut mata dalam ke arah luar.

 
x