Minggu, 23 November 2014 | 06:31 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ini Cara Hindari Anak dari Serangan Diabetes
Headline
ist
Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Jumat, 9 November 2012 | 09:15 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM,Jakarta - Serangan diabetes tak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Nah, sebagai orangtua, apa yang harus dilakukan agar anak terhindar dari bahaya mematikan itu?

Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam darah. Dulu penyakit ini hanya diyakini menyerang orang dewasa saja, tapi kenyataannya tidak.

Diabetes disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam darah akibat hormon insulin gagal mengubah gula darah untuk dapat dimanfaatkan otot. Hormon insulin dihasilkan oleh organ di dalam perut bernama pankreas.

Secara umum, ada 4 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional dan diabetes tipe lainnya.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika pankreas tidak mampu memproduksi insulin sama sekali. Diabetes ini biasanya menyerang anak-anak dan remaja.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh mampu memproduksi insulin, tapi tidak berfungsi secara optimal. Diabetes gestasional terjadi pada ibu hamil akibat tubuh tidak memiliki kemampuan memproduksi insulin yang cukup. Sedangkan diabetes tipe lainnya terjadi karena adanya kelainan tertentu.

Pada anak-anak, seringkali yang dijumpai adalah diabetes tipe 1. Apabila anak-anak sampai terkena diabetes tipe 2, maka besar kemungkinannya adalah akibat pola makan dan gaya hidup yang salah. Gangguan akibat diabetes ini cenderung mengalami kenaikan saat liburan sekolah.

Sebagai orang tua, Anda berkewajiban menyusun pola hidup sehat, seperti makanan hingga aktivitas fisik bagi tumbuh kembang anak.

Untuk mencegah mereka dari serangan diabetes, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah tips sehat yang diberikan oleh Titi Sari Renowati, SKM, MScPH, Kepala Subdit Pengendalian DM & PM, Kementerian Kesehatan RI:

1. Cek kondisi kesehatan anak secara berkala. Dalam hal ini, sebagai orang tua harus mengetahui cek jadwal rutin untuk pengecekan kadar gula darah anak.

2. Kurangi atau bahkan hilangkan asap rokok di lingkungan anak.

3. Pastikan aktivitas fisik secara rutin untuk anak. Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berlari. Cukupi olahraga rutin setiap harinya, paling tidak 30 menit.

4. Diet sehat. Meskipun anak memiliki 'warisan' diabetes, Anda harus mengupayakan agar anak tetap mengonsumsi makanan rendah kalori, dan nutrisi yang seimbang seperti vitamin, mineral, dan juga serat.

5. Istirahat cukup. Meskipun aktivitas fisik penting, namun istirahat juga harus diperhatikan.

6. Kendalikan stres. Bukan hanya orang dewasa. Stres pada anak juga akan mempengaruhi kesehatan secara umum. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER