Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:35 WIB

Sampaikan Nilai Kebaikan pada Anak Lewat Dongeng

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Senin, 24 September 2012 | 11:27 WIB
Sampaikan Nilai Kebaikan pada Anak Lewat Dongeng
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Siapa tak suka mendengarkan cerita dongeng? Semua orang pasti suka dongeng, mulai dari cerita Cinderella, Putri Salju, sampai Malin Kundang. Banyak manfaat dari sebuah aktivitas mendongeng yang bisa ditanamkan pada diri anak sejak usia dini.

Secara umum, mendongeng berarti membacakan cerita atau menularkan cerita pada anak-anak. Kegiatan mendongeng merupakan metode mengajar yang paling kuni dan membudaya dalam sebuah keluarga.

Imajinasi anak masa kini amat dipengaruhi oleh percepatan teknologi dan media, serta hal lain disekeliling mereka. Dengan adanya tantangan ini, daya imaginasi anak jadi cenderung terfikte oleh penampilan visual dan interaksi yang monoton.

Oleh karenanya, para orang tua dalam mendampingi anak dan mengadaptasi cara mendongeng yang seru dan asyik dapat mengasah imajinasi anak ke tingkat yang lebih baik dan positif termasuk dalam hal menanamkan nilai kebaikan pada anak lewat kegiatan mendongeng.

"Melalui cerita dongeng, anak-anak bisa berimajinasi, mengekspresikan perasaannya, seperti marah, senang yang masuk dalam dunia dongeng, " kata Awam Prakoso, pendiri dan pendongeng Kampung Dongeng, dalam acara Wall's Dreamy Creamy Roadshow to School di TK Bakti Mulya 400 Pondok Indah Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Awam menjelasakan dongeng merupakan sebuah media yang efektif dalam meningkatkan kecerdasan anak. Selain belajar kosakata baru, anak-anak belajar untuk mengekspresikan perasaannya. Tak hanya itu, mendongeng juga bisa menjadi sebuah cara untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan.

"Dengan mendongeng secara rutin, ibu dan anak memiliki waktu untuk menjalin kebersamaan yang efektif dan interaktif yang intim sehingga lebih mempererar hubungan antara ibu dan anak," jelas Awam.

Menurut Awam, anak-anak cenderung berfikir kongkrit sedangkan nilai moral bersifat abstrak. Namun, melalui aktivitas dongeng, anak-anak dapat berimajinasi dan proses pembelajaran terhadap nilai moral dapat lebih mudah.

"Hal-hal inilah yang menjadikan kegiatan mendongeng menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus sangat bermanfaat bagi hubungan orang tua dan anak," ungkap Awam.

Melihat pentingnya manfaat dari aktivitas mendongeng, Wall's Dreamy Creamy terus melakukan berbagai kampanye mendongeng melalui program 'Wall's Dreamy Creamy Roadshow to School' yang kali ini berkesempatan untuk mengunjungi TK Bakti Mulya 400 Pondok Indah, Jakarta - Selatan.

"Tujuan acara ini adalah untuk terus memberikan edukasi serta mengajak orang tua dan guru untuk menanamkan nilai kebaikan lewat sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi anak usia taman kanak-kanak," jelas Wakil Senior Brand Manager Wall's In Home, PT Unilever Indonesia Kaninia Radiyatni. [mor]

 
Embed Widget

x