Minggu, 31 Agustus 2014 | 05:12 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Yuk Beraktivitas di Luar Ruang, Ini Manfaatnya!
Headline
IST
Oleh: Santi Andriani
gayahidup - Minggu, 9 September 2012 | 19:09 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Setelah setidaknya lima hari dalam seminggu Anda berjibaku dengan rutinitas pekerjaan,rasanya mempergunakan dua hari di akhir pekan untuk leyeh-leyeh di tempat tidur atau minimal di rumah sangat menggoda.

Rasanya malas sekali untuk melibatkan tubuh Anda untuk sekedar berolahraga ringan di halaman rumah atau taman terdekat. Padahal manfaatnya sangat luar biasa untuk menjaga badan tetap bugar dan menjauhkan dari penyakit.

Setidaknya inilah manfaat jika Anda mau sedikit saja meluangkan waktu di akhir pekan untuk melakukan aktivitas fisik di luar ruang.

Lebih rendah risiko menjadi kegemukan

Udara segar, sinar matahari, pemandangan, ruang terbuka - ada banyak yang dapat menginspirasi lebih banyak aktivitas, bila dibandingkan dengan menyerahkan tubuh terkulai pada sofa untuk menikmati tayangan televisi sepanjang waktu.

Studi pada 2008 menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu dengan berkegiatan di luar ruang memiliki kasus kelebihan berat badan lebih rendah 27-41% ketimbang mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Lebih banyak energi yang dihasilkan

Latihan itu pasti untuk menghidupkan kembali Anda ketika merasa lesu, tapi udara segar di luar ruangan, memberi efek lebih untuk kesehatan dan kebugaran.

Studi pada 2009 dari University of Rochester menemukan bahwa hanya dengan beraktifitas fisik selama 20 menit di luar ruang dapat merevisi kembali energi Anda yang hilang, melebihi dari secangkir kopi, seperti dilaporkan The Telegraph.

"Seringkali ketika kita merasa jika energi habis kita meraih secangkir kopi, tetapi ini menunjukkan cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi adalah dengan mengambalikannya dari melakukan kegiatan di alam," kata penulis Richard M. Ryan, Ph.D., seorang profesor psikologi di universitas itu.

Penyembuhan lebih cepat dan nyeri berkurang

Studi pada 2005 terhadap pasien bedah tulang belakang yang usai menjalani pengobatan menemukan mereka lebih cepat pulih ketika lebih banyak berada di luar ruang rumah sakit untuk pemulihan

Mereka melaporkan keluhan nyeri lebih sedikit, stres berkurang dan obat-obatan untuk pemulihan kurang lag dibutuhkan, dibandingkan pasien yang memilih berada di kamar untuk pemulihan. Ini karena sinar matahari adalah bahan utama untuk pemulihan.

Tingkat mendapatkan vitamin D lebih tinggi

Ini juga karena sinar matahari adalah bahan bakar utamanya. Mengambil latihan di luar ruang adalah cara yang mudah lagi gratis untuk tubuh menyerap beberapa vitamin D lebih besar.

Studi tambahan pada tahun 2011 yang ditemukan, bahwa senam yang baik adalah yang dilakukan di luar ruangan ketimbang di dalam ruangan.

Ini sangat membantu bagi orang-orang yang sulit menurunkan berat badan mereka, karena orang dengan kelebihan berat badan hampir dua kali lebih mungkin karena tidak mendapatkan vitamin D yang cukup. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER