Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 06:37 WIB
Hide Ads

Ibu Hamil Mengapa Ingin Selalu Buang Air Kecil?

Oleh : Santi Andriani | Jumat, 8 Juni 2012 | 19:25 WIB
Ibu Hamil Mengapa Ingin Selalu Buang Air Kecil?



INILAH.COM, Jakarta- Salah satu perubahan yang paling tampak ketika Anda hamil adalah seringnya ingin buang air kecil, khususnya pada malam hari. Mengapa?

Ada berbagai alasan mengapa urin selalu ingin dikeluarkan tidak masalah apakah itu sedikit atau banyak.

Instruktur persalinan Trish Booth menjelaskan, keinginan membuang air kecil dengan intensitas yang sering dikarenakan kandung kemih dan rahim yang jaraknya memang bersebelahan.

Seperti ia menulis dalam bukunya, Tanya Jawab Seputar Kehamilan yang diterbitkkan PT Bhuana Ilmu Populer, pada awal kehamilan, rahim yang sedikit demi sedikit membesar akan menekan kandung kemih. Ini biasanya terjadi pada trisemester pertama .

Sedangkan selama trisemester kedua, keinginan ingin buang air kecil itu menjadi berkurang karena tekanan kandung kemih tidak sebesar pada trisemester pertama. Pada trismester kedua rahim membesar ke atas ke arah perut sehingga terdapat ruang lebih lapang.

"Namun keinginan untuk kembali buang air kecil yang sering akan kembali hadir yaitu pada Minggu terakhir kehamilan. Karena bayi dan rahim Anda yang sangat besar akan menekan kandung kemih," kata instruktir sejak 1972 itu.

Lalu apakah perlu menahan pipis?

Trish Booth menjawab tidak! Menurutnya menahan pipis bukanlah ide yang baik, karena kandung kemih yang terlalu penuh bisa menyebabkan sobekan kecil pada dindingnya. Ini bisa mengarah pada infeksi.

Katanya, lebih baik berkonsentrasi mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Caranya, membungkuklah agak ke depan saat buang air kecil. Juga saat Anda merasa telah selesai, berdiri, kemudian duduk dan lakukan kembali hal yang serupa. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with