Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 12:20 WIB
Hide Ads

Kiwi, Bikin Pencernaan Jadi Lancar

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Selasa, 22 Mei 2012 | 22:05 WIB
Kiwi, Bikin Pencernaan Jadi Lancar
inilah.com

INILAH.COM,Jakarta - Buah kiwi selain banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat mengembalikan kekencangan kulit ternyata juga dapat membantu proses pencernaan di lambung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Riddet Institute, Massey University, dan Zespri International Ltd mengungkapkan bahwa Enzim actinidin dalam buah yang bentuknya menyerupai sawo namun berbulu halus itu mampu melunakkan daging atau asupan protein lain sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Nah, lantas bagaimana buah asal Selandia Baru itu membantu lancarkan proses pencernaan?

Dalam proses pencernaan yang terjadi mulai dari mulut hingga usus halus, tubuh membutuhkan berbagai enzim pencernaan, yaitu protease (untuk mencerna protein), lipase (untuk mencerna lemak), dan amilase (untuk mencerna karbohidrat).

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK menjelaskan, saluran cerna sehat akan membantu mencegah masuknya bakteri dan racun serta menjaga daya tahan tubuh.

Untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, tubuh membutuhkan makanan bergizi, seperti buah. Buah yang mengandung serat, probiotik, dan enzim pencernaan berperan membantu pencernaan dan penyerapan.

"Salah satu buah, yaitu kiwi hijau mengandung vitamin dan mineral, antioksidan, serat, prebiotik serta enzim actinidin," jelas Fiastuti.

Menurut Fiastuti, penyerapan bisa berjalan dengan lebih maksimal berkat bantuan serat larut dan tak larut dalam kiwi.

Serat larut di satu sisi berfungsi menjaga penyerapan karbohidrat serta lemak. Dengan demikian, kandungan gula yang berasal dari asupan makanan tak akan naik dan turun dengan signifikan dalam waktu singkat.

Energi dalam tubuh pun akan lebih stabil. Selain itu, penyerapan lemak yang perlahan juga akan menjaga kadarnya dalam tubuh.

Cara ini bisa membantu kita menjaga tubuh tetap ideal, sebab asupan lemak yang berlebih menurut dr. Fiastuti bisa mengakibatkan obesitas.

Sedangakan, serat tak larut di sisi lain bisa bantu pergerakan di dalam usus. Kita pun bisa membuang racun dan kotoran dengan lebih lancar. Sembelit pun dapat terhindarkan. Serat jenis ini juga bisa memberi makan bakteri baik di dalam usus. Dengan demikian sel usus akan tetap sehat.

"Jika protein sudah diserap dengan baik, maka akan memberikan manfaat sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak, dan menjaga metabolism agar tetap berjalan baik," jelas Fiastuti.

Buah kesehatan yang unggul

Keunggulan lain buah kiwi adalah memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih tinggi ketimbang jeruk dan terbukti 5 kali lebih efektif diserap oleh tubuh.

Buah kiwi juga kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil, juga memiliki glycaemic index yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.

"Buah Kiwi Zespri adalah buah kesehatan. Riset yang kami lakukan membantu kami untuk meningkatkan kesadaran konsumen secara global terhadap manfaat kesehatan menyampaikan bagaimana buah kiwi Zespri dapat memperkuat daya tahan tubuh," ungkap Judy Lee, Marketing Manager Southeast/South Asia, Zespri.

Buah kiwi yang awalnya dikenal sebagai Chinese Gooseberry dibawa ke New Zealand oleh seorang guru bernama Isabel Fraser pada tahun 1904.

Pengelolaan yang baik didukung oleh tanah New Zealand yang subur dan iklimnya yang mendukung, menjadikan buah kiwi sebagai salah satu produk ekspor unggulan negeri tersebut hingga saat ini. [mor]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with