Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 15:26 WIB

Aturan Berbusana: Pilih Sesuai Bentuk Tubuh

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Senin, 23 April 2012 | 19:45 WIB
Aturan Berbusana: Pilih Sesuai Bentuk Tubuh
Foto : Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Seperti apa bentuk tubuh Anda, semua kekurangannya dapat tertutupi dan kelebihannya dapat ditonjolkan jika tepat dalam memilih busana.

Karena memilih busana tepat sesuai bentuk tubuh yang Anda miliki akan membantu tampilan Anda menjadi lebih sempurna.

Penasaran seperti apa? Simak ulasan berikut dilansir dari Ehow.

Sebelum memilih pakaian, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain bentuk tubuh, warna yang cocok, usia, dan gaya Anda.

Biasanya, Anda sudah mahir memilih busana berdasarkan warna, usia dan style pribadi. Namun sayangnya seringkali bentuk tubuh ini kurang diperhatikan sehingga membuat tubuh terlihat lebih berisi dan gemuk.

Pir

Jika Anda berbokong besar dan berpinggul lebar, tapi dada dan bahu Anda kecil, Anda bertubuh buah pir. Saat berbelanja gaun, pilihlah yang mengembang dari pinggang ke bawah.

Biarkan bahu dan pundak Anda terbuka dengan gaun bertali spaghetti. Gaun flowy dan gaun bertumpuk juga baik untuk Anda.

Tubuh besar

Bentuk tubuh ini bisa dikategorikan sebagai bentuk tubuh yang besar terutama di bagian perut dan tanpa lekuk tubuh yang jelas. Sehingga sebaiknya fokuskan perhatian untuk memilih busana yang bisa membuat Anda terlihat tinggi, dan langsing.

Gunakan aneka busana yang berlekuk di bagian pinggangnya, dan tidak terlalu longgar ataupun ketat. Untuk menghasilkan ilusi tubuh lebih tinggi sebaiknya gunakan busana dengan motif garis vertikal. Gunakan rok dengan model regular cut, dan celana low rise tanpa detil.

Bentuk tubuh apel

Bentuk tubuh apel yang terlihat besar pada bagian pinggang ini sebaiknya menggunakan busana empire dress (baju dengan tali di bahu) dan atasan panjang bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh.

Gunakan busana yang bisa membantu membentuk lekuk tubuh Anda. Atau gunakan tambahan belt untuk membentuknya. Jika tergolong kurus maka sebaiknya gunakan busana yang simpel dibagian atas dengan garis leher yang rendah dan menonjolkan leher.

Tak hanya itu, Busana terbaik untuk model tubuh ini adalah dengan menggunakan jaker, blazer, atau coat yang berstruktur dengan leher V-neck. Sedangkan rok yang paling baik digunakan adalah rok yang tidak terlalu panjang, dan menonjolkan sedikit bagian betis yang ramping.

Jam pasir

Ciri khas dari bentuk tubuh ini antara lain ukuran antara pundak dan garis pinggang adalah sama. Selain itu, bentuk tubuh ini juga ditandai dengan bentuk payudara yang penuh, garis pinggang atau lekuk tubuh yang tajam, bokong, paha dan pinggul yang penuh.

Gunakan baju atasan dengan leher yang terbuka dan datar karena bisa membantu menonjolkan bahu yang indah. Celana boot cut, flare, dan celana berpipa lebar bisa membantu mengurangi sedikit volume bagian bawah yang besar.

Gunakan celana pensil ataupun rok A-line bisa membuat tampilan lebih feminin dan menonjolkan bagian kaki yang indah. Ikat pinggang juga bisa digunakan untuk membantu menonjolkan lekuk tubuh. [mor]

 
Embed Widget

x