Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:28 WIB

Peran Swasta Sukseskan Pelayanan Program KB

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Jumat, 20 April 2012 | 08:27 WIB
Peran Swasta Sukseskan Pelayanan Program KB
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Keberhasilan program Keluarga Berencana Nasioanal (KB) diukur dari peningkatan peserta dan kualitas pelayanan KB yang banyak didomonasi oleh peran swasta.

"Sekitar 69,1% Pelayanan Keluarga Berencana (KB), didominasi oleh sektor swasta, termasuk klinik dokter , dan juga bidan praktek swasta," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief, di sela-sela peresmian unit kesehatan ibu dan anak (KIA) dan Keluarga Berencana di RS Mulyasari Jakarta Utara, Kamis (19/4)

Sugiri menjelaskan, BKKBN sebagai instansi pemerintah yang bertanggungjawab atas pelayanan KB, terus berupaya mendorong keterlibatan sektor swasta dalam meningkatkan kualitasnya, agar masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan akan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi.

"Salah satu upayanya bekerjasama dengan pihak swasta baik itu RS, Klinik klinik kesehatan maupun bidan swasta," jelas Sugiri.

Pada kesempatan yang sama, didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta Asep Syarifudin selain meresmikan unit KIA juga diserahkan bantuan berupa laparoscopy, obgyn bed dan prasarana penunjang KB untuk RS Mulyasari.

Menurut Sugiri, dengan kerjasama BKKBN dan sektor swasta dalam menyediakan pelayanan KB, diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang datang ke pelayanan KB.

"Gerakan ini agar hasil program KB optimal, di 2012 ini upaya tersebut terus ditingkatkan, selain menggiatkan masyarakat juga posyandu," ungkapnya.

Untuk melihat hasil upaya tersebut, menurutnya, di 2012 ini juga akan dilakukan survei SDKI 2012 dari sini akan terlihat apakah program yang dilakukan BKKBN berhasil menurunkan total rata-rata kelahiran anak (TFR).

"Survei SDKI bulan depan diharapkan dapat menunjukkan kerja keras yang membuahkan hasil dalam menurunkan TFR," pungkas Sugiri. [mor]

Komentar

 
Embed Widget

x