Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:35 WIB

4 Produk Kecantikan yang Berbahaya Bagi Bumil

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Minggu, 1 April 2012 | 16:05 WIB
4 Produk Kecantikan yang Berbahaya Bagi Bumil
IST
facebook twitter

INILAH.Jakarta - Kehamilan bukan menjadi penghalang untuk setiap kaum Hawa tampil cantik. Namun dalam penggunaan kosmetik ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pasalnya, terdapat beberapa produk kecantikan yang sangat berbahaya bila digunakan oleh ibu hamil.

Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Fimela.

Cat kuku mengandung toluen

Sah-sah saja ibu hamil mewarnai kukunya. Namun lakukan perawatan dan pewarnaan kuku di tempat yang terbuka dan dengan fentilasi udara yang baik. Hampir semua cat kuku menggunakan toluen untuk mencairkan tekstur cat kuku yang pekat.

Saat membuka produk yang memakai zat toluen in, udara di sekitarnya akan terkontaminasi dan membahayakan janin. Bukan hanya cacat lahir saja tapi juga akan terjadi kemungkinan keguguran jika menghirup zat ini dalam dosis yang tinggi.

Di Amerika, banyak terjadi keguguran yang tidak disengaja di antara para manicurist salon.

Produk kecantikan beraroma kencang

Zat kimia ini biasa tersembunyi pada produk-produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma yang cukup kencang. Memang biasanya kandungan zat ini tidak tertulis pada kemasan, namun ftalatat digunakan untuk menstabilkan pengharum pada produk kosmetik seperti body lotion, parfum dan body spray.

Zat ini membuat masalah reproduksi pada binatang dalam dosis yang tinggi.

Belum ada penelitian lanjut, tapi sebaiknya hindari produk dengan aroma yang tajam pada saat hamil dan gunakan hanya produk dengan bahan alami tanpa aroma.

Produk anti anging

Retinoid dan Asam Salisilat biasa ditemukan pada obat jerawat dan produk anti-aging. Retinoid dan asam salisilat merupakan vitamin A derivatif atau turunan yang dipercaya berbahaya bagi calon bayi.

Asam salisilat dalam dosis kecil yang biasa terkandung pada pembersih muka dan lotion masih aman digunakan oleh ibu hamil.

Namun vitamin A dalam dosis tinggi seperti yang terkandung pada produk anti-aging dan obat jerawat dapat menyebabkan cacat lahir. Sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum memakai produk-produk perawatan kulit.

Pemutih kulit

Hydroquinone biasa terkandung pada produk pemutih kulit. Sebaiknya hindari krim pemutihmu selama kehamilan dan menyusui, karena zat-zat kimia ini berpengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuhmu.

Bagi perempuan hamil, ini akan menyebabkan terhalangnya proses alami pembentukan kulit sehat untuk calon bayi. [mor]

Komentar

 
Embed Widget

x