Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 01:48 WIB

AirAsia Hentikan Penerbangan Ke Selandia Baru

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Senin, 12 Maret 2012 | 18:05 WIB
AirAsia Hentikan Penerbangan Ke Selandia Baru
inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Penataan ulang jaringan rute membuat maskapai penerbangan jarak jauh hemat biaya AirAsia berkonsentrasi pada pasar-pasar utamanya.

AirAsia X, afiliasi dari maskapai penerbangan AirAsia, Senin (12/3) mengumumkan penghentian layanan penerbangannya ke Christchurch, Selandia Baru, sebagai bagian dari langkah penataan ulang jaringan rute guna berkonsentrasi pada pasar-pasar utama.

Azran Osman-Rani, CEO AirAsia X menjelaskan keputusan penghentian penerbangan rute Christchurch merupakan keputusan yang sulit. "Namun tetap kami ambil sebagai bagian dari upaya konsolidasi jaringan rute serta konsentrasi pada rute-rute yang stabil dan menguntungkan," katanya.

"Sejak kami mengumumkan penghentian penerbangan ke Eropa dan India, kami telah menambah frekuensi penerbangan ke Tokyo, dan membuka rute baru ke Sydney, Australia. AirAsia X akan terus mengembangkan pasar-pasar utamanya dan menambah frekuensi pada rute-rute yang telah beroperasi," jelas Azran dalam siaran persnya yang diterima INILAH.COM, Senin (12/3).

Menurut Azran, sejak diluncurkan pada April 2011 lalu, rute Kuala Lumpur Christchurch sebenarnya menunjukkan performa baik dari segi permintaan, dengan tingkat keterisian yang tercatat hingga hampir 80% pada 2011.

Namun demikian, rute Christchurch ini terkena imbas dari efek domino peningkatan harga bahan bakar avtur jet.

Sejak peluncuran rute tersebut, harga avtur jet meningkat hingga 30%, dan terus berada di level sangat tinggi hingga saat ini.

"Tingginya biaya bahan bakar mempengaruhi kemampuan kami untuk menawarkan tarif kursi penerbangan ekstra hemat yang menjadi andalan selama ini," katanya.

"Terima kasih sedalam-dalamnya atas dukungan yang diberikan oleh Christchurch Airport, Christchurch City Council dan Tourism New Zealand. Kami juga ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam rangka operasional rute ini," ungkap Azran.

Penghentian penerbangan rute Christchurch, Selandia Baru, ini merupakan upaya lanjutan maskapai setelah mengumumkan penghentian penerbangannya ke Eropa dan India awal tahun ini.

Langkah ini diambil semata-mata guna meningkatkan efisiensi biaya operasional serta berkonsentrasi pada pasar-pasar AirAsia X yang utama, yaitu Australia, Cina, Taiwan, Jepang, Korea, dan Iran. [mor]

Komentar

x