Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 14:48 WIB

Ampuh dan Berkualitas

2014, Penggunaan Obat Generik Sudah Bisa Menyebar

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Sabtu, 10 Maret 2012 | 18:36 WIB
2014, Penggunaan Obat Generik Sudah Bisa Menyebar
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Keyakinan dokter meresepkan dan kesadaran masyarakat menggunakan obat generik ternyata semakin tinggi. Obat generik kini dinilai berkualitas dan ampuh menyembuhkan penyakit.

Merujuk pada femonema semacam ini, Diharapkan pada tahun 2014 tenaga kesehatan dan masyarakat sudah menggunakan obat generik.

Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang, Apt, PhD mengatakan bahwa konsumen dan tenaga kesehatan semakin mempercayai keampuhan akan obat generik. Pasalnya, banyak masyarakat menggunakan obat tersebut terlebih untuk penyakit-penyakit kronis.

"Tahun 2014, mindset tenaga kesehatan dan konsumen sudah percaya dengan obat generik sehingga bisa sukses, karena kalau dipaksa agak kurang baik," kata Linda dalam acaa temu media di gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (9/3).

Linda menjelaskan, penggunaan obat generik untuk penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi meningkat sekitar 60-70%, karena penggunaan obat ini seumur hidup.

Namun jika dilakukan perhitungan rata-rata, sambung Linda, penggunaan obat generik di Indonesia baru menyampai sekitar 40%.

"Di negara-negara maju penggunaan obat generik sudah mencapai 70-80%, di negara maju saja mau memakai obat generik. Harganya yang lebih murah karena tidak ada budget untuk promosi," ungkap Linda.

Linda menambahkan, saat ini harga obat generik ditetapkan pemerintah, sedangkan untuk yang bermerk diatur dengan penetapan keputusan menteri kesehatan dan sisanya dipantau dengan harga eceran tertinggi (HET), diharapkan jangan lebih dari tiga kali lipat harga obat.

"Masyarakat diharapkan tidak takut dan ragu untuk menggunakan obat generik, karena kualitasnya tetap bagus dan memiliki khasiat sama," tambahnya.

Obat Generik Berlogo (OGB) merupakan program Pemerintah yang diluncurkan pada 1989 dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, yang dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup.

Tujuan OGB diluncurkan untuk memberikan alternatif obat yang terjangkau dan berkualitas kepada masyarakat. Soal mutu, sudah tentu sesuai standar yang telah ditetapkan karena diawasi secara ketat oleh Pemerintah.

Hanya bedanya dengan obat bermerek lain adalah OGB ini tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masyarakat. [mor]

Komentar

x