Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 03:01 WIB

Venlo World Expo Floriade 2012

Spa Indonesia Terbaik di Dunia

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Rabu, 22 Februari 2012 | 10:05 WIB
Spa Indonesia Terbaik di Dunia
IST
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Lebih dari 100 negara akan mengikuti Venlo World Expo Floriade 2012 yang bakal digelar 4 April hingga 7 Oktober 2012 di Venlo, Provinsi Limburg, Belanda.

Pameran dunia pariwisata dan ekonomi kreatif yang mengusung beberapa tema mulai dari 'Relax and Heal' hingga 'World Stage Show' ini akan secara langsung diresmikan oleh Ratu Beatrix.

Sesuaitemanya, Indonesia mengirim beberapa delegasi. Pada pameran bertajuk Relax and Heal, misalnya, Indonesia mengirim jamu. Termasuk juga wellness, spa yang pakai rempah-rempah atau lulur.

"Spa kita itu the best in the world. Teknik massage juga salah satu yang terbaik di dunia," tutur Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sapta menjelaskan, beberapa tanaman tersebut telah dibawa ke Belanda sejak Oktober 2011 dan ditanam di rumah kaca. Begitu pula tanaman organik bakal ikut meramikan dan menghiasi stand Indonesia.

Sehingga, selain promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, pameran tersebut juga menitikberatkan pada promosi pertanian dan perkebunan.

"Jadi, pameran ini merupakan ajang kampanye kepedulian Indonesia pada lingkungan dan mempromosikan seni dan budaya," jelas Sapta.

Selain itu, Indonesia juga akan memamerkan aneka makanan seperti manisan, pala, ataupun sirup markisa. Tak ketinggalan pula beberapa tanaman khas dari Indonesia seperti anggrek hitam, pisang, palem, kamboja, dan sebagainya.

Dari pameran ini, Sapta berharap stan Indonesia akan dikunjungi minimal 90 persen dari seluruh pengunjung yaitu 1,8 juta orang. Pameran tersebut diprediksi akan dihadiri 2-3 juta orang, terutama dari Belanda, Belgia, dan Jerman.

Menurut Sapta, tiga juta orang tersebut menjadi pasar potensial bagi Indonesia. Jika 10% saja yang akan benar-benar datang, maka 300 ribu orang akan berkunjung ke Indonesia.

"Kalau spending satu orang saja seribu dollar AS, kita bisa dapat US$3 juta. Tapi tujuan nggak itu saja, tetapi untuk meningkatkan investasi," tegas Sapta. [mor]

Komentar

x