Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 03:47 WIB

Lebih Untung Cerdas atau Kecantikan?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Rabu, 22 Februari 2012 | 07:30 WIB
Lebih Untung Cerdas atau Kecantikan?
IST
facebook twitter

INILAH.OM,Jakarta - Kecantikan dan kecerdasan semakin disebut-sebut oleh beberapa penelitian merupakan faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Benarkah?

Faktor kecerdasan ternyata bukan satu-satunya faktor yang dapat membuat seseorang berhasil mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan gaji yang memuaskan.

Daya pikat yang dilengkapi dengan kepercayaan diri ternyata juga dapat membantu seseorang dalam memperoleh penghasilan yang tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida, Amerika Serikat, menemukan bahwa tidak hanya orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi yang mampu memperoleh penghasilan yang tinggi.

Mereka yang memiliki kepercayaan diri dan berpenampilan menarik ternyata juga berpeluang mendapatkan gaji yang besar.

Timothy Judge, PhD beserta timnya menganalisa data yang bersumber dari Harvard Study of Health and Life Quality. Sekitar 191 responden laki-laki dan perempuan yang berusia antara 25-75 tahun dilibatkan dalam penelitian tersebut.

Setiap enam bulan sekali, tim peneliti melakukan 3 kali interview kepada masing-masing responden yang dimulai sejak tahun 1995. Mereka diajukan pertanyaan seputar penghasilan yang diperolehnya, tingkat pendidikan, tekanan masalah finansial dan mengevaluasi sejauhmana mereka bahagia dan kecewa dengan penghargaan yang pernah mereka dapatkan.

Selanjutnya, masing-masing responden juga diminta menyelesaikan beberapa tes intelegensi dan kognitif.

Sementara itu, beberapa anggota tim peneliti menilai daya pikat yang dimiliki masing-masing responden dengan melihat perbedaan usia dan jenis kelamin.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ternyata daya pikat secara fisik memiliki dampak yang signifikan terhadap besar gaji yang diterima seseorang, cara mereka mengevaluasi dirinya sendiri dan tingkat pendidikan mereka.

Pada dasarnya, responden yang dinilai memiliki daya pikat lebih menghasilkan banyak uang, memiliki pendidikan yang lebih baik, lebih percaya diri dan jarang tertekan karena masalah finansial.

Mereka juga cenderung berpikir lebih tinggi tentang kemampuan dan kelebihannya yang dimilikinya.

Meskipun demikian, hasil penelitian juga menunjukan bahwa efek kecerdasan yang dimiliki seseorang memiliki pengaruh yang lebih kuat dalam memperoleh penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang hanya bermodalkan penampilan fisik.

"Kita bisa sedikit berbesar hati dengan adanya kenyataan bahwa efek intelegensi pada penghasilan lebih kuat dibandingkan dengan daya pikat fisik," ujar Timothy.

Lebih lanjut, Timothy juga mengungkapkan akan lebih efektif jika orang-orang lebih mengutamakan mengembangkan keterampilan, keahlian serta pendidikan mereka daripada mendahulukan perawatan kecantikan. [berbagai sumber/mor]

Komentar

x