Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 01:12 WIB

Resep Aman Atasi Dehidrasi

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Sabtu, 21 Januari 2012 | 17:09 WIB
Resep Aman Atasi Dehidrasi
media.zenfs.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Dehidrasi merupakan salah satu penyakit manusia yang sering dirasakan, yaitu gangguan dalam keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu.

Untuk itu, sangatlah penting menjaga tubuh agar tidak 'terserang' dehidrasi. Selain konsumsi air putih, seperti dikutip dari beberapa sumber, berikut resep aman untuk mengatasi dehidrasi.

Banyak konsumsi buah

Pilihlah buah yang banyak mengandung air, seperti semangka dan cranberry. Semangka mengandung 90 persen air dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C dan A.

Selain itu, Anda juga bisa coba tambahkan potongan lemon atau jeruk nipis (boleh keduanya) ke dalam segelas air. Buah ini akan menambah rasa dalam air yang Anda minum, namun jangan tambahkan gula atau bahan lainnya.

Jauhi kafein

Usahakan untuk menjauhi minuman berkafein sebanyak mungkin. Kafein cenderung menghambat manfaat air bagi tubuh. Hal ini karena kafein benar-benar menghapus kelembaban.

Jika Anda membutuhkan minuman hangat, Anda bisa memilih teh herbal, seperti teh hijau atau chamomile (teh hijau mengandung antioksidan yang baik dan mampu membersihkan tubuh.

Teh chamomile memiliki efek yang menenangkan). Jika Anda tak suka minum teh panas, masukkan teh ke dalam kulkas dan minumlah ketika dingin.

Sering konsumsi sup

Sup umumnya berkuah. Di saat musim hujan, mengambil manfaat dari semangkuk sup hangat merupakan cara terbaik untuk mendapatkan cairan dengan cara lezat dan mengenyangkan perut.

Hindari sinar matahari

Jangan berlama-lama terkena sinar matahari. Karena paparan sinar matahari dapat menimbulkan rasa dehidrasi pada tubuh Anda. Usahakan untuk berlindung di tempat yang sejuk.

Minuman energi

Jika tidak ada makanan yang bisa dikonsumsi dengan segera, maka pilihan satu-satunya adalah meneguk sports drink. Minuman energi mengandung elektrolit yang membantu tubuh Anda menahan air dan menyimpan keseimbangan cairan dengan cepat.

Minuman energi juga bisa mencegah hyponatremia. Mengonsumsi minuman elektrolit memang dapat membantu mengganti cairan yang hilang dengan segera. Tapi tidak disarankan untuk meminumnya setiap hari dan dalam jangka waktu panjang. [mor]

Komentar

Embed Widget
x