Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 02:05 WIB

Restoran Thailand Bersaing di Restoran Swasaji

Oleh : Bachtiar Abdullah | Selasa, 10 Januari 2012 | 21:35 WIB
Restoran Thailand Bersaing di Restoran Swasaji
bangkokpost.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Jaringan restoran asal Thailand bernama Barbecue Plaza Co, sebentar lagi akan membuka gerai pertamannya di Indonesia.

Assistant managing director Chataya Choopojcharoen di Bangkok kemarin (9/1) mengatakan kepada Bangkok Post, perusahaanya sedang berdiskusi dengan para calon mitra kerja Indonesianya untuk membentuk perusahaan patungan. Langkah Barque Plaza ini adalah bagian dari visi perusahaan yang ingin memperluas jaringannya di lingkungan kawasan Asean.

"Indonesia akan menjadi negara kedua perluasan jaringan kami, setelah Malaysia. Negara ini memiliki populasi yang sangat besar dan secara geografis mirip Thailand," ujar Chataya. Entah apa yang dimaksud kemiripan geografis Thailand-Indonesia itu.

Barbecue Plaza lagi sibuk mencari lokasi-lokasi yang cocok di seantero Indonesia. Restoran pertamanya di Malaysia dibuka lima tahun silam. Kini ada sembilan restoran Barbecue Plaza se Malaysia, sebelum bakal ditambah enam restoran yang baru tahun ini. Perusahaan ini pengen punya 20 restoran di Malaysia.

"Bisnis Barbecue Plaza di Malaysia sangat bagus, tumbuh setiap tahun dan belum ada pesaingnya," ujar Chataya lagi. Di luar Malaysia dan Indonesia, perusahaan ini juga sedang mencari celah membuka jaringan di Singapura dan Vietnam di masa mendatang.

Di Thailand, Barbecue Plaza sudah punya 86 gerai, terutama di Bangkok. Perusahaan ini menganggarkan 450 juta Baht untuk ekspansi domestik pada tahun ini. Restoran ini mirip konsep jaringan restoran lokal Hanamasa atau Nanaban Tei yang menjajikan menu shabu, sukiyaki dan barbeque.

Pelanggan bisa memilih makanan yang mereka suka (swasaji) semampu mereka makan. Namun Hanamasa maupun Nanaban Tei di pasar sini masih malu-malu berekspansi.Padahal kalau lambat, pesaing dari utara bakal datang dan bisa-bisa menguasai pasar Indonesia. [mdr]

Komentar

Embed Widget
x