Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 08:35 WIB

Minim Hormon, Picu Ukuran Payudara Jadi Kecil

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Jumat, 23 Desember 2011 | 09:20 WIB
Minim Hormon, Picu Ukuran Payudara Jadi Kecil
Foto: Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Setiap wanita pastinya menginginkan bentuk payudara yang proporsional dan indah. Namun terkadang ada beberapa orang yang payudaranya tidak berkembang secara sempurna atau berukuran kecil. Bagaimana bisa?

Payudara yang tidak berkembang secara sempurna, sudah tentu akan dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari kekurangan hormon hingga terserang penyakit anoreksia diklaim menjadi penyebab timbulnya 'masalah' pada payudara.

Seperti dikutip dari Livestrong, berikut beberapa faktor yang menyebabkan ukuran payudara perampuan berukuran kecil.

Kekurangan hormon

Masa pubertas dipicu oleh meningkatkatnya kadar hormon estrogen yang diproduksi ovarium. Semakin tinggi estrogen yang diserap oleh reseptor di payudara akan memicunya untuk tumbuh. Jika hormon estrogennya sedikit maka pertumbuhannya akan terhambat.

Penyakit sistemik

Penyakit sistemik bisa mempengaruhi sejumlah organ dan jaringan seperti payudara, yang termasuk penyakit sistemik seperti gagal ginjal kronis dan penyakit inflamasi usus.

Dampak sosial dari perkembangan payudara yang tidak sempurna ini bisa mempengaruhi psikologis seorang perempuan khususnya remaja seperti hilangnya kepercayaan diri dan kurangnya perasaan untuk menghargai dirinya sendiri.

Jika memang khawatir dengan ukuran payudara yang dimiliki, maka cobalah kunjungi dokter untuk tahu apa penyebabnya sehingga bisa diketahui tindakan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya. Beberapa perempuan memilih menggunakan implan payudara untuk meningkatkan ukurannya.

Anoreksia

Anoreksia akan membuat seseorang kekurangan gizi sehingga pertumbuhan payudaranya terhambat. Salah satunya kekurangan zat seng yang bisa menunda pertumbuhan payudara. [mor]

Komentar

Embed Widget
x