Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 08:05 WIB

Wah! Baking Soda Ampuh 'Tangkal' Penyakit Ginjal

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Sabtu, 17 Desember 2011 | 13:30 WIB
Wah! Baking Soda Ampuh 'Tangkal' Penyakit Ginjal
Foto : Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Baking soda yang Anda kenal sebagai bahan untuk membuat kue, kini juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada penderita gagal ginjal. Benarkah?

Baking soda atau sodium bikarbonat diketahui secara drastis dapat memperlambat kemunduran fungsi ginjal pada sebagian penderita. Hasil ini dikemukan oleh para peneliti dari Royal London Hospital.

Setiap tahun, sekitar 400 orang dengan gagal ginjal meninggal akibat terlalu lama menunggu transplantasi ginjal dari pendonor yang terbilang sedikit.

Sudah sejak lama para dokter mempertimbangkan untuk menggunakan baking soda bagi penderita penyakit ginjal yang umumnya kekurangan bikarbonat, atau sebuah kondisi yang disebut dengan metabolic acidosis.

Riset yang telah dipublikasikan dalam Journal of the American Society of Nephrology (JASN) ini melibatkan 134 pasien yang menderita cronic kidney disease (CKD) atau penyakit ginjal kronis dengan tingkat bikarbonat rendah.

Sebagai bentuk perawatan utamanya, para pasien kemudian diberikan sodium bikarbonat berbentuk tablet dalamdosis kecil setiap harinya.

Setelah lebih dari satu tahun pemakaian, kemunduran fungsi ginjal dapat berkurang sekitar 2/3 lebih rendah dibandingkan pasien lain yang tidak diberikan sodium bikarbonat. Mereka juga bahkan mengalami perbaikan pada beberapa ukuran nutrisi.

"Obat sederhana seperti sodium bikarbonat jika digunakan dengan sewajarnya akan sangat efektif," ungkap Profesor Magdi Yaqoob, dari Royal London Hospital.

"Hasil ini menunjukan bahwa baking soda bisa sangat berguna bagi penderita gagal ginjal," tambahnya lagi. [mor]

Komentar

Embed Widget
x