Find and Follow Us

Sabtu, 23 November 2019 | 03:33 WIB

'Jantung Emas', Selamatkan Penderita Jantung?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Rabu, 5 Oktober 2011 | 13:30 WIB
'Jantung Emas', Selamatkan Penderita Jantung?
Ilustrasi - blogspot.com
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Penyakit jantung adalah pembunuh kedua setelah kanker. Karenanya, berbagai upaya dilakukan untuk menemukan metode atau cara baru yang ampuh untuk mengatasinya.

Adalah 'Jantung Emas' merupakan sebuah pengobatan paling efektif yang diklaim mampu memberikan manfaat besar bagi para pengidap sakit jantung. Seperti apa?

Teknologi itu ternyata diciptakan para ilmuwan dengan menambahkan kawat nano emas pada jaringan jantung yang direkayasa untuk membuatnya berfungsi lebih baik.

Di masa depan, jantung emas yang telah disempurnakan dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung.

Penambahan kabel membuat jaringan rekayasa lebih konduktif secara elektrik. Para peneliti percaya alat ini mampu bermanfaat lebih baik daripada yang sudah ditanamkan pada pasien jantung menjalani uji klinis.

"Jika tidak menggunakan kawat nano emas dan harus merangsang jantung dengan elektroda, sel-sel akan merespons pada area yang dirangsang," kata Dr Daniel Kohane, dari Children 's Hospital Boston di Amerika Serikat seperti dikutip dari Press Association.

"Dengan kawat nano, Anda akan melihat banyak sel yang terhubung meski bila letak rangsangan jauh," katanya.

Penelitian yang dilaporkan dalam Jurnal Nature Nanotechnology, menyebutkan teknologi nanowire ini dinilai memiliki potensi dan dapat diterapkan untuk rekayasa setiap jaringan listrik, termasuk syaraf otak dan sumsum tulang belakang, kata Dr Kohane. [mor]

Komentar

Embed Widget
x