Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 11:39 WIB

Kemajuan Teknologi Bisa Berbahaya?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Selasa, 27 September 2011 | 17:05 WIB

Berita Terkait

Kemajuan Teknologi Bisa Berbahaya?
freelegaladvicehelp.com

INILAH.COM,Jakarta - Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi membuat manusia terus mengembangkan cara baru untuk membuat hidup mereka terasa lebih mudah namun berdampak buruk bagi kesehatan. Bagaimana bisa ?

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik dan peningkatan tingkat emisi gas rumah kaca dapat menyebabkan kondisi yang melemahkan seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Pada kenyataannya, sebagian besar produk yang kita gunakan sehari-hari dapat berdampak negatif terhadap tingkat kebugaran dan menekan sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa bahaya kesehatan dari kenyamanan modern akibat berkembangnya ilmu dan teknologi:

Ponsel

Kebutuhan akan komunikasi dan interaksi instant telah membuat ponsel menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Tapi, apakah Anda tahu bahwa ponsel dan menaranya memancarkan sejumlah besar elektromagnetik (EMFs).

Menurut penelitian terakhir, EMFs telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan termasuk keguguran, cacat lahir, dan kanker payudara. Frekuensi ini disebut-sebut memengaruhi hormon tubuh melatonin yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan kuat.

Microwave

Ini merupakan sebuah cara populer dalam mempersiapkan dan menghangatkan kembali makanan. Ada banyak spekulasi mengenai penggunaan gelombang mikro. Memasak makanan dalam microwave selama jangka waktu yang lama dapat mempercepat degradasi struktural yang mengarah ke pemurunan gizi makanan.

Bioavailabilitas mengurangi nutrisi seperti vitamin C, E, B kompleks, mineral penting, dan nucleoproteins. Jadi, ketika menggunakan microwave, disarankan untuk menggunakannya sebentar saja.

Plastik

Ini sering dianggap sebagai kemudahan modern revolusioner. Nyatanya, plastik kerap dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan yang berbahaya. Produk plastik seperti polyvinyl klorida, pthalates, dan polistirena sering dikaitkan dengan efek merugikan kesehatan seperti kanker, maag, iritasi mata, infertilitas, dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak berlebihan menggunakan produk plastik dan memilih menggunakan bahan alternatif bila memungkinkan.

Alat masak teflon

Jutaan orang di seluruh dunia menggunakan peralatan masak antilengket teflon untuk memasak yang bersih dan menyenangkan. Tapi, mereka yang tidak tahu adalah fakta bahwa teflon memiliki lapisan sintetis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah seperti cacat lahir. Produk ini juga dianggap sebagai karsinogen dan tidak memiliki sifat biodegrading.

Komentar

x