Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 11:14 WIB

Cokelat, Minuman Tepat Usai Olahraga ?

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Selasa, 27 September 2011 | 12:50 WIB

Berita Terkait

Cokelat, Minuman Tepat Usai Olahraga ?
citydirectory.co.id

INILAH.COM,Jakarta - Beberapa studi membuktikan bahwa susu cokelat merupakan minuman yang paling tepat dikonsumsi usai olahraga. Benarkah ?

Sebuah penelitian menyebutkan minum susu cokelat rendah lemak setelah berolahraga akan memaksimalkan hasilnya karena akan memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein kualitas tinggi.

Terbukti, atlet minum susu cokelat rendah lemak setelah pascalatihan akan memiliki komposisi tubuh (otot lebih besar, sedikit lemak) lebih baik dan berada dalam kondisi lebih prima daripada rekan-rekan mereka yang minum-minuman berenergi dengan karbohidrat saja.

Adapun penelitian baru terkait manfaat minum susu cokelat rendah lemak setelah latihan berat yakni:

Peningkatan kinerja

Pesepeda yang terlatih akan memiliki kekuatan lebih besar secara signifikan dan melaju lebih cepat dalam waktu perjalanan bila mereka minum susu cokelat rendah lemak jika dibandingkan dengan minum minuman olahraga berkarbohidrat dan bebas kalori.

Adaptasi latihan lebih cepat

Bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman pemulihan energy lainnya, peminum susu cokelat dua kali lebih besar mengalami perbaikan dalam ukuran kebugaran aerobik dan adaptasi.

Komposisi tubuh yang lebih baik

Peminum susu cokelat memiliki lebih banyak otot dan kehilangan lebih banyak lemak selama latihan jika dibandingkan dengan yang minum minuman berkarbohidrat."Secara kolektif, penelitian kami menunjukkan bahwa susu coklat rendah lemak dapat meningkatkan kinerja dan membantu latihan bagi para atlet terlatih dan amatir saat dihadapkan dengan rutinitas yang sulit," kata pemimpin penelitian John L Ivy PhD dari University of Texas di Austin.

Penemuan ini pun telah dipresentasikan pada American College of Sport Medicine dan diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning.

Komentar

x