Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 17:02 WIB

Ups! Makan Sehat Saat Lebaran

Oleh : Dahlia krisnamurti | Selasa, 30 Agustus 2011 | 11:30 WIB
Ups! Makan Sehat Saat Lebaran
wordpress.com
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Saat Lebaran tiba hidangan khas selalu menyemarakkan acara mulai dari ketupat, opor ayam, rendang hingga makanan favorit lainnya.

Nah saat itulah selera makan pun menggelitik saat melihat makanan-makanan yang mengundang selera. Padahal santapan favorit saat Lebaran yang serba santan, lemak, dan manis banyak mengundang penyakit.

Ya, boleh-boleh saja mencicipi makanan tersebut, asalkan diatur pola makannya agar masih dalam koridor yang sehat.

Bagaimana menyiasatinya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Sebelum berangkat silaturahmi, makanlah sebuah apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih. Serat dari apel ini bisa membantu menahan nafsu makan yang muncul saat melihat hidangan lebaran yang mengundang selera.

2. Santaplah ketupat dalam porsi kecil, misalnya cukup 34 potong saja. Lengkapi dengan lauknya dalam porsi yang tidak berlebihan.

3. Setelah makan ketupat lengkap, lebih baik tidak menyantap kue, minuman, atau hidangan penutup yang manis-manis.

4. Untuk teman ketupat, ambillah cukup satu protein saja, misalnya sepotong daging, ayam, atau telur. Jangan pilih semuanya. Karena bisa-bisa akan berpengaruh pada ginjal Anda yang harus bekerja ekstra.

5. Lengkapi protein ini dengan sayuran dan buah agar seimbang.

6. Bila malam hari masih pergi ke rumah saudara atau handai taulan, pilihlah bahan protein berbeda dengan tadi siang. Jadi, kalau siang tadi makan daging sapi, malam ini pilihlah telur atau daging ayam.

7. Saat mengambil lauk, cukup ambil sepotong saja tanpa menyertakan bumbu atau kuahnya. Begitu juga dengan kuah sayurnya. Kalau memang ingin kuahnya, ambillah satu sendok saja, jangan sampai ketupatnya berendam dalam kuah. Ini bisa mengurangi asupan lemaknya.

8. Lebih baik pilihlah buah-buahan segar yang disuguhkan daripada memilih kue-kue sebagai camilan.

Setelah pesta berlalu, kembalilah ke pola makan sehat dan seimbang. Kurangi jumlah makanan dan batasi makanan yang telah banyak disantap saat Lebaran. Yang tak kalah penting, ayo olahraga untuk membakar kalori yang sudah diasup. [mor]

Komentar

x