Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 01:48 WIB

Wah! Coklat Hitam Banyak Mengandung Probiotik

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Rabu, 10 Agustus 2011 | 16:16 WIB
Wah! Coklat Hitam Banyak Mengandung Probiotik
bestbio4life.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Sebagian orang cenderung menjadikan yogurt sebagai sumber untuk memenuhi kebutuhan probiotik. Ternyata, tanpa disadari coklat hitam juga memiliki kandungan probiotik yang tinggi.

Mengonsumsi probiotik diketahui dapat melancarkan pencernaan. Bukan hanya itu, probiotik juga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil pada trimester terakhir kehamilan karena dapat mengurangi risiko alergi pada janin yang dikandungnya.

Seperti dikutip dari WebMD, selain coklat hitam, berikut makanan sehari-hari yang banyak mengandung zat probiotik:

Susu

Beberapa susu dalam kemasan juga ditambahkan zat probiotik didalamnya. Tetapi, hati-hati memberikannya pada anak, karena cenderung memicu produksi gas berlebih yang bisa membuat perut kembung.

Sup miso

Menu populer di restoran Jepang ini memang sangat lezat. Berisi tahu dan sayuran dengan kalori rendah. Tetapi, protein dan zat probiotiknya sangat tinggi. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Susu kedelai

Kedelai adalah sumber terbaik probiotik. Jadi, mengonsumsi olahan kedelai seperti susu, juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan zat probiotik.

Untuk kandungan probiotik yang maksimal, biasanya susu kedelai dalam kemasan terdapat keterangan live and active cultures.

Tempe dan tahu

Olahan kedelai merupakan sumber probiotik terbaik, seperti tempe dan tahu. Agar Anda tidak bosan, olah tempe dan tahu dengan cara lain. Seperti dibakar, ditumis atau dikukus, dengan bumbu yang memanjakan lidah.

Buah zaitun

Buah mediterania ini juga mengandung zat probiotik yang tinggi. Anda bisa menambahkan irisan buah zaitun pada salad, spageti atau masakan lainnya.

Coklat hitam

Anda mendapatkan 'satu paket' sekaligus jika mengonsumsi dark chocolate. Bukan hanya memanjakan lidah dengan kelezatannya, tetapi juga tubuh mendapat asupan antioksidan dan probiotik. [mor]

Komentar

Embed Widget
x