Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 23:15 WIB

Awas, Burkholderia Anthina Serang Imunitas tubuh

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Rabu, 20 Juli 2011 | 22:09 WIB
Awas, Burkholderia Anthina Serang Imunitas tubuh
facebook twitter

INILAH.COM,Jakarta - Produk tercemar bakteri semakin banyak saja di temukan di indonesia. Setelah susu formula yang mengandung Enterobacter Sakazakii, kini giliran obat kumur Oral-B yang ditarik dari pasar karena diduga tercemar Mikroorganisme Burkholderia Anthina.

Lantas, seperti apa efek bahaya bakteri Burkholderia Anthina terhadap kesehatan?

Burkholderia anthina adalah anggota Burkholderia cepacia complex (B. cepacia complex). Bakteri ini termasuk kelompok bakteri gram negatif dan berada di berbagai lingkungan berbeda.

Bakteri dapat ditemukan di dalam air, tanah dan lingkungan lembab lainnya. sama seperti Proteobacteria lain, seperti Escherichia, Salmonella, Vibrio, Helicobacter, Burkholderia anthina adalah patogen yang bertanggung jawab untuk fiksasi nitrogen.

Sebuah penelitian menyebutkan, Burkholderia cepacia menyebabkan fibrosis dan menjadi ancaman di berbagai rumah sakit di Amerika Serikat. Sebab, B. cepacia secara inheren tahan terhadap antibiotik ganda, baik antibiotik alami maupun buatan.

Dikutip dari The StraitsTime.com, menurut badan Institut Pengawasan Obat dan Makanan Nasional Kolombia atau INVIMA, organisme mikro yang terkandung dalam obat kumur Oral - B itu tidak tidak menimbulkan risiko untuk orang sehat, meskipun dapat menyebabkan efek yang merugikan bagi orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Selain itu, Otoritas Kesehatan Singapura menyebutkan, orang sehat yang menggunakan obat kumur Oral - B tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi, bagi yang mengalami masalah kesehatan atau imunitas rendah, seperti penyakit paru-paru kronis, lebih rentan terhadap infeksi bakteri ini. Disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter.

Seperti diketahui, selain di Indonesia, produk Oral - B ini juga ditarik peredarannya di beberapa negara, termasuk Kanada, Meksiko, Chili, Kolombia, Cina, Malaysia dan Filipina. Obat kumur bermasalah ini diproduksi di Kolombia karena ditengarai mengandung bakteri jahat. [mor]

Komentar

Embed Widget
x