Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 07:21 WIB
Hide Ads

Pantai Koka, Keindahan Tersembunyi Di Ujung Flores

Oleh : Dahlia Krisnamurti | Kamis, 7 April 2011 | 17:44 WIB
Pantai Koka, Keindahan Tersembunyi Di Ujung Flores
Pantai Koka - IST

INILAH.COM, Jakarta - Pantai Koka adalah satu dari sekian banyak pantai yang memiliki pemandangan indah dan terkenal sejak lama. Pantai ini berada di pesisir pantai selatan 48 kilometer dari Kota Maumere.

Pantai Koka merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa (Mbengu) Wolowiro kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Maumere Flores NTT. Taman Wisata Alam dengan Panorama yang indah serta pasir pantainya yang putih membuat kawasan ini dipadati pengunjung setiap akhir pekan.

Untuk menuju area yang dijuluki pantai impian kota Maumere ini memang tidak mudah, karena jalan masuknya kurang terlihat dan papan penunjuk arahnya pun tidak terlalu jelas. Namun untuk ke sana, Anda bisa meminta bantuan penduduk setempat.

Anda harus menyusuri jalan yang berkelok-kelok menuju arah Ende. Perjalanan biasanya memakan waktu selama satu jam hingga akhirnya tiba di Kecamatan Paga, yang merupakan lokasi pantai ini.

Sebelum memasuki Kecamatan Paga, Anda bisa menikmati ikan asap yang dijual di sepanjang jalannya. Untuk tiga ekor ikan asap berukuran besar, Anda cukup mengeluarkan dana sebesar Rp20.000 saja.

Setelah memasuki Kecamatan Paga, dengan mengikuti penunjuk jalan, Anda bisa sampai ke pantai ini dalam beberapa menit dan melihat pemandangan yang sangat indah dan menawan.

Dari jalan utama, Anda harus menelusuri jalan kecil selama lebih kurang 15 menit. Karena jalan yang cukup kecil dan kondisinya kurang bagus, sebaiknya Anda berjalan kaki atau naik sepeda motor untuk sampai ke sana.

Saat mencari lokasi pantai, Anda harus memperhatikan penunjuk jalan dengan seksama. Karena ukurannya sangat kecil dan tertutup semak-semak.

Namun usaha Anda menyusuri jalan kecil dan berkelok-kelok akan terbayar dengan pemandangan hamparan pasir pantai putih bersih dan birunya laut yang menyejukkan. Daya tarik dari pantai ini adalah airnya yang berwarna biru jernih karena belum terjamah tangan-tangan jahil.

Satu lagi yang menjadi ciri khas pantai ini adalah ombaknya yang besar. Terpaan ombak sangat kuat, dan tinggi ombak terkadang bisa mencapai 1,5 meter. Bagi Anda yang hobi surfing, sepertinya bisa menjadi lokasi yang tepat. Namun patut diwaspadai kekuatan ombaknya, karena deburannya bisa cukup keras.

Menikmati keindahan alam Pantai Koka seperti tiada habisnya, sayangnya potensi wisata yang satu ini belum dimanfaatkan secara optimal. Kurangnya promosi wisata dan fasilitas mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Padahal, jika diolah lebih baik lagi, Pantai Koka bisa menjadi destinasi wisata yang tak kalah menarik dari lokasi wisata yang sudah dikenal lebih dulu. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with