Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 30 Maret 2017 | 23:28 WIB
Hide Ads

Makam Bung Karno, Wisata 'Religi 'Di Kota Blitar

Oleh : Dahlia krisnamurti | Minggu, 3 April 2011 | 14:57 WIB
Makam Bung Karno, Wisata 'Religi 'Di Kota Blitar
Makam Bung Karno, Blitar - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Makan Bung Karno merupakan sebuah obyek wisata 'Religi' bernuansa kebangsaan yang ada di Kota Blitar, sekaligus sebagai obyek wisata.

Tak heran, jika makam yang terletak di Kelurahan Bendogerit , Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Jawa Timur ini selalu dijadikan tujuan utama bagi para turis yang datang di Blitar.

Tanah Kawasan Wisata Makam Bung Karno seluas kurang lebih 2.970 m2, yang sekarang telah dipeluas menjadi 4.852 m2, yang semula milik Yayasan Mardi Mulyo yang kemudian diserahkan kepada negara untuk dijadikan Taman Makam Pahlawan Karang Mulyo.

Memasuki Makam ini dimulai dari sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan. Bangunan utama disebut dengan Cungkup Makam Bung Karno. Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yakni bentuk seni bangunan jawa yang sudah dikenal sejak dahulu. Cungkup Makam Bung Karno diberi nama Astono Mulyo.

Diatas Makam diletakkan sebuah batu pualam hitam bertuliskan "Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.".

Saat berkunjung ke Makam Bung Karno, Anda juga bisa sekaligus menikmati beberapa wisata kuliner yang terletak hanya beberapa meter dari lokasi makam.

Tengok saja, kedai nasi pecel Mbok Bari. Dari Makam Bung Karno Anda bisa cukup berjalan kaki ke arah utara, beberapa puluh meter kemudian akan terlihat warung Mbok Bari dengan spanduk besar di barat jalan.

Tapi maaf bila pagi hari Anda harus antri, mengingat penduduk lokal juga tidak bisa lepas dengan yang namanya sarapan nasi pecel.

2 Komentar

Image Komentar
NUR SMPN 1 PRAMBON - Minggu, 11 Maret 2012 | 17:42 WIB
, kemarin akku k sna brsma kwan" utk study tour. kmrin adlh pnglman prtmaku k sna dan sngat memuaszkand..
Image Komentar
ABE24 - Minggu, 3 April 2011 | 20:01 WIB
Aku mau kesana ah

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x