Kamis, 23 Oktober 2014 | 13:38 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Budayakan Perilaku Hidup Sehat!
Headline
Foto: Ilustrasi
Oleh: Dahlia Krisnamurti
gayahidup - Jumat, 28 Januari 2011 | 04:45 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Kesehatan adalah hak asasi manusia setiap orang termasuk juga anak-anak. Untuk menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit terutama yang menyerang anak, sebagai orang tua hendaknya Anda harus menanamkan perilaku hidup sehat sejak kecil.

Mengajarkan anak untuk hidup sehat harus ditanamkan sejak dini. Kebiasaan hidup sehat ini akan membuat generasi penerus bangsa tetap sehat.

Menginformasikan arti pentingnya menjaga kebersihan dan merawat diri menjadi bagian yang harus diajarkan orang tua dalam masa pertumbuhan anak. Jika diajarkan sejak dini, anak akan terbiasa menjaga lingkungannya tetap bersih dan kesehatannya tetap terjaga.

Pakar kesehatan dr. Handrawan Nadesul mengatakan bahwa budaya prilaku hidup sehat dibentuk sejak kecil. Pendidikan kesehatan dimulai dari bagaimana kebiasaan sehat itu dibentuk. alah satu budaya prilaku hidup sehat sejak dini yang penting ditanamkan sejak kecil adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS).

"CPTS dapat mencegah lebih dari sepuluh jenis penyakit fecal-oral (lewat tangan ke mulut) antara lain diare," kata Handrawan dalam sebuah kesempatan di Jakarta.

Saat ini diare telah menjadi penyebab kematian tertinggi kedua pada anak-anak setelah penyakit pernapasan atau pnuemonia. Padahal salah satu upayaterpenting untuk mencegah terkena diare adalah tindakan CTPS. Berdasarkan studi penelitian oleh Curtis V. Cairncross, mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko diare hingga 47%.

Menurut dr. Handrawan, kegiatan - kegiatan CTPS harus menjadi budaya masyarakat dan perlu dilakukan setiap kali sehabis melakukan aktivitas menggunakan tangan. Jika CTPS menjadi budaya akan berdampak pada tingkat kesehatan masyarakat.

Selain di bidang kesehatan, budaya CTPS juga berdampak pada bidang pendidikan karena diare menyebabkan anak-anak kerap tidak masuk sekolah. Penelitian di luar negeri menunjukkan CTPS penting dapat membantu mengurangi absensi sekolah sekitar 42%.

Di Indonesia, hasil pemelitian lembaga swadaya masyarakat (LSM) Spektra terhadap 550 siswa di 11 kabupaten di Jawa Timur dengan prilaku cuci tangan pakai sabun, terutama sebelum makan dapat menurunkan tingkat absensi anak akibat sakit diare hingga 11%. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER